Spacebar, Skuter Listrik Berbentuk Nyentrik

Berita Otomotif

Spacebar, Skuter Listrik Berbentuk Nyentrik

JAKARTA – Katalis berkolaborasi dengan Kamengski untuk menghadirkan motor listrik berbentuk nyentrik.

Katalis yang merupakan studio desain dan branding berbasis di Ibukota, merilis skuter listrik mungil yang bisa dilipat dengan nama Spacebar. Tidak hanya berdimensi imut dan bisa dilipat, kendaraan ini juga memiliki bentuk yang tidak biasa. Karya luar biasa ini merupakan kerja sama Katalis dengan Kamengski.

Ketika ditanya mengapa skuter ini dinamakan Spacebar, Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga menjelaskan bahwa skuter listrik ini diharapkan dapat membuka ruang-ruang yang sebelumnya belum bisa dijangkau orang yang mengendarainya.

“Ibaratnya mengetik menggunakan komputer atau laptop, cara untuk membuka ruang antar teks kan tentunya dengan menekan spacebar atau tombol spasi. Nah, kami terinspirasi dari hal tersebut. Itu juga menjelaskan mengapa skuter ini berbentuk persegi panjang,” cerita Joseph.

Spacebar memiliki bodi yang mungil guna bisa bermanuver dengan lincah di jalan-jalan ibukota nan padat. Meskipun dimensinya mungil, namun kendaraan ramah lingkungan hasil kolaborasi kreatif ini dibekali daya yang besar yakni 1.200 W.

“Jadi, Spacebar dirasa mampu menerabas padatnya lalu lintas ibukota, terlebih untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ya, kecil tapi menggigit, ibaratnya cabe rawit lah,” ucap Julian Palapa, Principal Designer Katalis.

Dirunut dari segi desain, inspirasi dari tombol spasi tersebut lalu dituangkan Julian dalam Detailed Engineering Design (DED). Akhirnya kembali didiskusikan dengan desainer multidisiplin kenamaan asal Jakarta, Kamengski dalam membuat konsep visual yang menarik.

“Spacebar kami desain khusus untuk anak muda yang menginginkan kelincahan dalam beraktivitas. Lalu melalui brainstorming dengan Said (red: nama asli Kamengski), kami bersama membuat konsep visual yang sesuai dengan selera Generasi-Z,” jelas Julian.

Berbekal body yang sepenuhnya terbuat dari bahan aluminium, berbagai aksen visual, decal dan warna body, hingga bahan dan warna jok dipilih secara cermat oleh Katalis dan Kamengski. Desainer berusia 33 tahun ini cukup puas dengan hasil akhir dari skuter ini. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar