Soal Ujian Teori Pembuatan SIM Kini Lebih 'Kaya'

Panduan Pembeli

Soal Ujian Teori Pembuatan SIM Kini Lebih 'Kaya'

JAKARTA – Kepolisian memang sudah meluncurkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara online. Dengan sistem ini, maka semua data akan terpusat di Korlantas dan bisa dilihat dari seluruh Polres di Indonesia.

Kondisi ini pun menjadikan memperpanjang SIM menjadi lebih mudah. Anda cukup ke pelayanan SIM terdekat.

Mudah? Betul. Namun ada kabar buruk buat Anda yang baru mau membuat SIM. Pasalnya, untuk membuat SIM kini lebih sulit, meski ujian SIM tetap hanya terdiri dari teori dan praktik, soal-soal di ujian teori akan menjadi lebih sulit.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Manajemen Operasi dan Rekayasa Korlantas Polri, Kombes Polisi Unggul Sedyantoro.

“Kalau tidak belajar ya tidak bisa. Sebab disini bank soalnya ada 1000 lebih dan setiap orang bisa beda soalnya,” ungkapnya.

Sementara untuk materi ujiannya tidak akan mengalami banyak pengubahan. Ujian tersebut terdiri dari berbagai bidang seperti pengetahuan terhadap kendaraan yang digunakan, etika berlalulintas dan pengetahuan rambu jalan.

Untuk mengantisipasi keluhan para peserta yang belum dibekali pengetahuan dari kursus mengemudi, pihaknya akan menyiapkan tempat khusus untuk para peserta ujian belajar terlebih dahulu,

“Jadi di web kami nanti akan ada sistem belajar mandiri ujian SIM. Jadi bisa download sendiri dari sana. Kami juga akan menyediakan simulasi ujian di website. Kalau sudah yakin, (peserta) baru ujian di tempat pembuatan SIM, sesuai dengan KTP-nya,” [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual