Soal Peluang Kolaborasi dengan Esemka, Daihatsu: Mereka Sudah Punya Rekan

Berita Otomotif

Soal Peluang Kolaborasi dengan Esemka, Daihatsu: Mereka Sudah Punya Rekan

TANGERANG - Daihatsu menutup peluang kolaborasi dengan Esemka dengan mengatakan masing-masing pihak sudah punya rekan kerjasama.

Seperti diketahui, Esemka meluncurkan dua pikap kecil, Bima 1.2 dan Bima 1.3, pada 6 September 2019 kemarin di Boyolali, Jawa Tengah. Di saat bersamaan, pabrikan yang dikelola PT. Solo Kreasi Mandiri tersebut juga meresmikan pabrik berkapasitas produksi total 12 ribu unit setahun di atas lahan seluas lebih dari 1 hektare.

Eksekutif Daihatsu, ketika diminta komentarnya beberapa waktu lalu, menyambut kedatangan Esemka karena kompetisi yang semakin ramai bagus buat mereka dan konsumen. Sebagai informasi, korporasi otomotif asal Jepang ini juga mempunyai pikap kecil Gran Max yang menjadi produk terlaris kedua di segmennya setelah Suzuki Carry.

Saat ditanyakan mengenai peluang berkolaborasi dengan Esemka dalam hal apa pun, Daihatsu langsung menegaskan hal itu tidak mungkin.

“Soal kolaborasi, kan, Daihatsu sudah melakukannya dengan Toyota. Mereka (Esemka), kan, sudah memilih berkolaborasi dengan yang lain. Jadi enggak bisa main-main. Di (industri otomotif) ini investasinya jangka panjang,” papar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) usai peluncuran Sigra facelift di Serpong, Tangerang.

Daihatsu sendiri adalah perusahaan yang dimiliki penuh oleh Toyota. Di Indonesia, mereka sudah melahirkan empat produk hasil kolaborasi yakni Avanza - Xenia, Rush - Terios, Agya - Ayla, Calya - Sigra.

Amel tidak menyebutkan sama sekali apa maksud perkataan ‘Esemka sudah punya rekan kolaborasi yang lain’. Adapun Esemka Bima saat ini santer diduga oleh sebagian masyarakat sebagai versi ganti logo dari merek mobil China Changan Star Truck.

Desain Bima dan Star Truck memang tak 100 persen identik. Kendati begitu, spesifikasi serta jenis mesin keduanya sepenuhnya sama.

Esemka belum berkomentar sama sekali mengenai isu ini. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, berjanji akan mempertemukan para eksekutif pabrikan itu dengan wartawan yang hingga kini belum terealisasi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support