Skuter Listrik BMW CE 04 Resmi Diluncurkan dengan Harga Fantastis

Berita Otomotif

Skuter Listrik BMW CE 04 Resmi Diluncurkan dengan Harga Fantastis

JAKARTA – BMW Motorrad akhirnya secara resmi meluncurkan skuter listrik pertamanya, CE 04 setelah versi konsepnya diperkenalkan akhir 2019 lalu dengan desain yang futuristik.

Motor yang memiliki nama lengkap Definition CE 04 ini diproduksi secara masal dengan desain yang lebih simpel dari sebelumnya, meskipun beberapa bagian masih terlihat kurang lebih sama dengan versi konsepnya.

Sebagai kendaraan listrik, sumber daya rata-rata BMW CE 04 sekuat 15 kW atau sekira 20 hp. Output maksimum CE 04 sendiri mencapai 31 kW atau sekira 42 hp.

Selain itu, disebutkan juga bahwa pabrikan motor asal Jerman ini akan membuat model skuter listrik yang sama untuk para pemula dengan kemampuan daya maksimum sebesar 11 kW atau 15 hp. 

BMW CE 04

Tak cukup sampai di situ, BMW juga akan mengembangkan versi tengah CE 04 dengan kemampuan tenaga maksimum 31 hp.

BMW CE 04 menggendong baterai dengan kapasitas 8.9 kWh yang diklaim mampu menggerakkan motor listrik sejauh 130 km dalam satu kali pengecasan.

Untuk varian di bawahnya dikatakan hanya mampu menempuh 100 km. Jarak tersebut cukup untuk Anda melakukan perjalanan Jakarta – Bogor – Jakarta, dengan pemakaian normal tentunya.

Mengadopsi teknologi BMW Group dalam urusan pengembangan kendaraan listrik, CE 04 diklaim lebih canggih sebagai skuter listrik dibandingkan pemain lainnya.

Soal lama pengecasan, BMW CE 04 disebut hanya membutuhkan waktu 4 jam 20 menit. Namun dengan metode fast charging, pengecasan dapat dipersingkat lagi menjadi 1 jam 40 menit dari kondisi baterai kosong sepenuhnya.

Kelemahan yang ditakuti masyarakat akan pengecasan baterai yang lama dirasa akan tertanggulangi.  

Penggunanya bisa memperlakukan kendaraan ini layaknya laptop, smartphone, atau perangakat elektronik lainnya. Ketika daya baterai sudah tinggal 20 persen, bisa langsung diisi kembali jika tidak ingin mendorong-dorong karena kehabisan daya listrik.

Bahkan, menurut rekomendasi BMW Motorrad, untuk mengisi baterai sebanyak 80 persen dari total kapasitas, pemilik kendaraan hanya butuh waktu 45 menit dengan metode fast charging.

Fitur Bawan BMW CE 04

BMW CE 04

Fitur yang disematkan pada motor ini meliputi Automatic Stability Control dan Dynamic Traction Control sebagai opsi tambahan. CE 04 juga memiliki tiga mode berkendara yakni ECO, Rain, dan Road. Namun konsumen bisa menambahkan mode berkendara Dynamic saat pembelian.

Urusan pengereman, bagian depannya dibekali dua piringan cakram dan satu di belakang. Motor ini sudah menggunakan ABS sehingga menghilangkan gejala slip. Jika terasa masih kurang, konsumen bisa menambahkan Cornering ABS.

Sementara rodanya menggunakan diameter 15 inci yang diklaim menawarkan kenyamanan lebih, dibandingkan skuter dengan ban berukuran di bawahnya.

Untuk penerangan sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Sementara panel meternya sudah dibekali monitor TFT berukuran 10,25 inci dan terdapat sistem konektivitas dan navigasi.

Sebagai motor modern, tentunya sudah ada fasilitas USB-C port dan tempat pengecasannya dilengkapi ventilasi agar smartphone tidak kepanasan. Selain itu, ventilasinya juga memudahkan Anda jika ingin mendengarkan musik kesayangan.

BMW CE 04 sejatinya akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2022 dengan prediksi harga mulai dari Rp295 jutaan sebelum pajak (off-the road). [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar