Sistem Produksi Mobil BMW Sanggup Hemat Energi Hingga 45%

Berita Otomotif

Sistem Produksi Mobil BMW Sanggup Hemat Energi Hingga 45%

MUNICH - Teknologi ramah lingkungan memang menjadi perhatian dunia, khususnya di industri otomotif. Beragam cara dilakukan guna menghadirkan kendaraan-kendaraan 'hijau', termasuk yang dilakukan BMW. Mereka merancang sebuah program baru yang disebut Industry 4.0.

Pengembangan system ini disebut dengan Intelligent Energy Management Data System (iEMDS). Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengukur konsumsi listrik dengan menggunakan intelligent counters yang secara konstan akan menghitung berapa banyak fasilitas produksi dan robot yang beroperasi dan menyelaraskan mereka dengan jaringan data pusat.

Jaringan tersebut termasuk 30 fasilitas produksi di 12 negara di seluruh dunia. Dengan cara ini, perusahaan dapat melihat penyimpangan yang terjadi dan yang mengarah ke konsumsi berlebihan dapat terdeteksi dini. Selain itu, daya ini juga membantu untuk menghindari gangguan atau bahkan kerusakan fasilitas produksi sehingga memastikan produksi kendaraan masih sesuai dengan standard.

Tujuan dari usaha keras ini adalah untuk mengurangi konsumsi listrik sebesar 45% pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan konsumsi listrik pada tahun 2006. Pada tahun 2013, BMW berhasil mengurangi konsumsi listrik hingga 31% namun 14% sisanya akan memerlukan usaha yang cukup berat.

BMW memperkirakan, iEDMS seharusnya bisa menghemat 7% per tahun. Jika itu yang terjadi, maka bisa dipastikan mereka dapat menyentuh target pada 2020.

Proyek percontohan iEDMS diterapkan di garis produksi BMW X di Spatanburg, di mana bisa memangkas biaya energi hingga 25 juta euro selama 1 dekade. [Adi/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support