Sinyal Peluncuran Hyundai Staria di Indonesia! Mampukah Saingi Alphard?

Berita Otomotif

Sinyal Peluncuran Hyundai Staria di Indonesia! Mampukah Saingi Alphard?

JAKARTA – Sinyal peluncuran Hyundai Staria, calon pesaing Toyota Alphard di Indonesia, sudah terlihat. Bahkan, patokan harganya pun sudah ada.

Staria merupakan multi purpose vehicle (MPV) mewah Hyundai yang baru saja menjalani debut global pada Selasa (13/4/2021). Indikasi rencana peluncurannya di Indonesia pun muncul.

Pasalnya, nama Staria ternyata sudah muncul di situs resmi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta.

Di situs tertulis ‘Staria 2.2D 2WD 8AT’. Adapun Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang tertera adalah Rp450 juta.

Harga NJKB Hyundai Staria di Situs Samsat DKI

Patut diketahui bahwa nominal tersebut adalah banderol sebelum dikenakan berbagai instrument pajak, alias bukan harga on the road.

Hyundai sendiri, dalam konferensi pers virtual peluncuran Santa Fe facelift pada pekan pertama April 2021, sempat mengatakan bahwa mereka masih memiliki rencana peluncuran produk lain di Nusantara tahun ini. Sayangnya, informasi mengenai model baru selanjutnya masih mereka tutup rapat – rapat.

Desain dan Spesifikasi Hyundai Staria

Staria, yang menjalani debut global secara virtual via YouTube, memiliki desain eksterior seperti kapsul atau pesawat luar angkasa.

Hyundai Staria

Kehadiran model ini, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, menandakan transformasi dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut untuk menjadi Smart Mobility Solution Provider serta mewujudkan desain ‘inside-out’ Hyundai dengan berfokus pada kelegaan kabin plus fungsionalitasnya.

Di pasar global, Staria tersedia dalam konfigurasi 2 – 11 tempat duduk. Belum diketahui, apa yang kelak dipilih untuk pasar Indonesia.

Interior Hyundai Staria

Ada dua varian yang disediakan untuk pasar dunia yakni Staria dan Staria Premium. Mana di antara keduanya yang nanti diterjunkan di Tanah Air juga belum diketahui.

Selain perbedaan dari sisi detail eksterior, Staria Premium juga lebih kaya dari sisi fitur seperti misalnya Premium Relaxation Seat pada tipe 7-seater, kursi baris kedua yang bisa diputar 180 derajat pada tipe 9-seater, Ambient Light 64 warna, sistem pengeras suara BOSE.

Interior Hyundai Staria Premium

Lebih lanjut, kursi – kursi pengemudi Staria dibuat dengan desain futuristik. Fitur – fiturnya antara lain Digital Meter Cluster, Shift by Wire, Head Unit 10,25 Inci canggih, 6 Airbag, Forward Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Wireless Module Seatbelt Reminder, Safe Exit Assist, Rear Occupant Alert.

Ada dua opsi dapur pacu yang disediakan. Selain mesin diesel 2.2 turbo VGT berdaya puncak 177 ps dan torsi 44 kgf-m dengan transmisi manual enam percepatan manual atau otomatis delapan percepata, terdapat pula mesin bensin MPI 3.5-liter Smartsream G6DIII 272 ps, 33,8 kgf-m degan transmisi otomatis delapan percepatan.

Melihat spesifikasi dan fiturnya, Staria bisa disandingkan dengan Alphard. Mari kita nantikan kehadirannya. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar