Simpang Susun Sentul Selatan Resmi Beroperasi, Ini Tarifnya

Berita Otomotif

Simpang Susun Sentul Selatan Resmi Beroperasi, Ini Tarifnya

BOGOR - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional resmi mengoperasikan Ramp 1 Junction atau Simpang Susun Sentul Selatan pada Ruas Tol Jagorawi.

Pengoperasian ini dimulai sejak 21 November 2020 lalu. Langkah ini sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1568/KPTS/M/2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Ramp 1 Junction Sentul Selatan pada Jalan Tol Jakarta – Bogor – Ciawi.

Simpang Susun yang memiliki total panjang 2.075 meter ini dibangun sejak Januari 2019 dan telah memenuhi persyaratan Uji Laik Fungsi dan Operasi pada pertengahan Oktober 2020. Dengan menggunakan 263 unit box girder dan bentang terpanjang 70 m.

Pembangunan Simpang Susun Sentul Selatan yang melintas di atas Jalan Tol Jagorawi tepatnya KM 37+000 ini, diharapkan dapat mengurai kepadatan di Simpang Belanova. Selain itu, jalur ini juga diharapkan bisa menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bogor dari arah Jakarta.

Hal ini karena pengguna tol bisa melalui Jalan Tol Bogor Ring Road/BORR yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar (MSJ). Dengan adanya Simpang Susun ini juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh pengguna jalan ke arah Bogor karena dapat menghindari Simpang Belanova yang kerap terjadi kepadatan.

Simpang Susun Sentul Selatan menghubungkan Jalan Tol Jagorawi dengan Jalan Tol BORR (toll to toll). Sehingga pengguna jalan dari arah Tol Jagorawi yang ingin menuju ke Jalan Tol BORR, sebelumnya harus melakukan dua kali transaksi yaitu di Gerbang Tol (GT) Sentul Selatan Jalan Tol Jagorawi dan GT Sentul Barat Jalan Tol BORR, saat ini cukup melakukan satu kali transaksi di GT Sentul Barat.

Tol ini sudah menggunakan Tarif Integrasi (gabungan) Ruas Jagorawi dan Ruas BORR yaitu Golongan I sebesar Rp 17.000,-, Golongan II dan Golongan III sebesar Rp 26.500,-, Golongan IV dan Golongan V sebesar Rp 36.000,-.

Lakukan Perbaikan Jalan

Simpang Susun Sentul Selatan Resmi Beroperasi, Ini Tarifnya

Selain mengoperasikan Simpang Susun Sentul Selatan, Jasa Marga juga melakukan perbaikan dan penguatan konstruski jembatan di ruas tol Jagorawi.

Pada akhir November 2020, pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan perkuatan jembatan dilakukan pada dua lokasi jembatan. Pertama terletak di Km 09+308 lajur 1 arah Ciawi, dimulai hari Minggu (22/11) pukul 20.00 WIB sampai hari Jumat (28/11) pukul 12.00 WIB. Selama pekerjaan berlangsung, lajur 1 akan ditutup dan pada lajur 2 akan diberlakukan buka tutup secara situasional untuk digunakan akses alat berat.

Sebagai langkah antisipasi terjadi kepadatan lalulintas selama pekerjaan berlangsung, Jasa Marga bersama Kepolisian akan berlakukan rekayasa lalu lintas secara. Rekayasa lalulintas berupa contra flow dari Km 05+000 s.d Km 13+000 arah Ciawi, hari Senin s.d Jumat pada pukul 16.00 s.d volume lalu lintas mencair.

Lokasi kedua berada di Km 23+225 bahu dalam arah Jakarta. Pekerjaan dimulai hari Senin (23/11) pukul 11.00 WIB sampai dengan hari Jumat (28/11) pukul 12.00 WIB. Selama pekerjaan berlangsung, bahu dalam akan ditutup dan pada lajur 4 akan diberlakukan buka tutup secara situasional untuk akses alat berat. Pengguna jalan diharapkan untuk melakukan penghitungan ulang perjalanan agar tidak terjebak kemacetan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar