Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siapa yang Berhak Jadi Juara Dunia MotoGP 2015? Ini Skenarionya!

Berita Otomotif

Siapa yang Berhak Jadi Juara Dunia MotoGP 2015? Ini Skenarionya!

JAKARTA - MotoGP 2015 sudah memasuki babak akhir dan menanti siapa juara dunianya. Jorge Lorenzo bersaing ketat dengan Valentino Rossi. Berikut adalah skenario apa saja yang memungkinkan salah satu diantara keduanya bisa jadi juara.

Kedua rider dari Movistar Yamaha tersebut saat ini memang memimpin klasemen pebalap. Rossi sejauh ini telah mengumpulkan 312 poin, hanya selisih 7 poin dari Lorenzo yang telah mengumpulkan 305 poin.

Namun, karena insiden dengan Marc Marquez di MotoGP 2015, Rossi terkena 3 poin penalti dan dihukum harus start di urutan paling belakang di seri Valencia yang merupakan balapan terakhir musim ini.

Memang Rossi telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS) dan keputusannya akan diumumkan pada 6 November mendatang. 

Bila banding diterima, maka Rossi bisa memulai balapan sesuai dengan hasil kualifikasi. Tapi bila tidak, maka The Doctor tetap harus start dari urutan paling belakang di Valencia, hasil dari hukuman 3 poin penalti karena terlibat insiden dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia.

Terlepas dari itu semua, berikut adalah Crash merangkum sejumlah skenario siapa yang akan jadi juara dunia MotoGP 2015 bila dilihat dari posisi finish Lorenzo dan Rossi di Valencia nanti. 

Tapi sebagai catatan, bila di akhir balap poin Lorenzo dan Rossi sama, maka Lorenzo yang akan menjadi juara dunia MotoGP 2015. Sebab Lorenzo lebih banyak menang di musim ini dengan 6 kemenangan, sementara Rossi baru mencetak 4 kemenangan.

Rossi bisa juara bila dia finish tepat di satu posisi di belakang Lorenzo. Lorenzo pertama, Rossi kedua, Lorenzo kedua, Rossi ketiga dan seterusnya.

Bila Lorenzo finish di urutan 3, maka Rossi setidaknya harus finish di posisi 6 atau lebih tinggi. Bila Lorenzo finish ke 4, maka Rossi harus finish di urutatn 9 atau lebih tinggi.

Seperti diketahui, MotoGP membagi poin berdasarkan posisi finish seorang rider dan poin hanya dibagikan pada pebalap yang finish diurutan 1-15 saja, posisi 15 ke bawah tidak mendapat poin. Berikut pembagian poin berdasarkan urutan 1 (25 poin), 2 (20 poin), 3 (16 poin), 4 (13 poin), 5 (11 poin), 6 (10 poin), 7 (9 poin), 8 (8 poin), 9 (7 poin), 10 (6 poin), 11 (5 poin), 12 (4 poin), 13 (3 poin), 14 (2 poin), 15 (1 poin).

Untuk lebih detail, simak tabel berikut:

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang