Kisah Mazda yang 100 Tahun Lalu adalah Pembuat Tutup Botol Anggur

Berita Otomotif

Kisah Mazda yang 100 Tahun Lalu adalah Pembuat Tutup Botol Anggur

JAKARTA – Mazda pada 2020 ini genap berusia 100 tahun. Siapa sangka, bisnis mereka awalnya sama sekali tak terkait dengan dunia otomotif.

Di sela – sela peluncuran Mazda3 Edisi Spesial 100 Tahun, Fedy Dwi Parileksono selaku Head of Department Public Relations and Media Communication PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI), menjelaskan perusahaan cikal bakal Mazda sudah eksis sejak 1920 di Hiroshima, Jepang. Nama korporasinya adalah Toyo Cork Kogyo Co., Ltd yang didirikan oleh Jujiro Matsuda.


Mazda itu sebenarnya berawal dari sesuatu yang sangat sederhana pada 1920. Tak disangka-sangka, Mazda ketika itu ternyata adalah pembuat tutup botol wine (anggur),” ucap dia dalam konferensi pers virtual pada Rabu (11/11/2020).

Kendaraan bermotor pertama Mazda lahir pada 1931. Bukan mobil yang dibuat, melainkan sepeda motor gerobak.


“Pada kendaraan itu ada logo tiga berlian (Mitsubishi--Red), di atas logo Mazda. Ini menarik. Jadi, Mitsubishi pada saat itu hanya bertugas sebagai distributor atau penjual. Sementara, Mazda adalah produsen kendaraan (yang Mitsubishi jual),” jelas Fedy.

Kendaraan – kendaraan Mazda berperan penting dalam pembangunan kembali Hiroshima setelah dibom Amerika Serikat pada 6 Agustus 1945. Karena itu, Mazda menyebut diri mereka sebagai ‘The Spirit of Hiroshima’.

Mobil dan Teknologi Mazda

Mobil penumpang beroda empat pertama Mazda hadir pada 1960, dengan nama R360 Coupe. Sejak itu mereka melahirkan berbagai model hingga akhirnya berhasil memenangkan World Car of The Year pada 2008 lewat Mazda2 dan pada 2016 lewat MX-5. MX-5 bahkan menyabet pula gelar World Design Car of The Year.

Dari sisi teknologi, salah satu tonggak penting Mazda terjadi pada 1967. Mobil pertama mereka dengan mesin Rotary yang tersohor, 1102/Cosmo Sport, meluncur.

“Kami berhasil memenangkan kompetisi balap Le Mans pada 1991. Mazda adalah pabrikan Jepang pertama yang berhasil memenangkannya,” tegas Fedy mengenai peristiwa penting lain dalam hal pencapaian teknologi dan performa kendaraan.

Teknologi SkyActiv mulai diperkenalkan pada 2012. CX-5 menjadi model pertama yang menggunakannya. Teknologi ini tak hanya persoalan mesin, tapi juga mencakup transmisi, sasis, sampai fitur – fitur keselamatan.

Sejak 2019, model - model Mazda mulai memasuki generasi ketujuh yang lebih mumpuni secara desain, performa, maupun teknologi. Mazda3 merupakan model generasi ketujuh pertama mereka di Indonesia.

Mazda di Indonesia

Di Indonesia, Mazda mulai berkiprah pada 1980-an. Menurut Fedy, yang menangani merek ini pertama kali adalah Indomobil Group.

Mazda sempat diurus langsung oleh Mazda Motor Corporation (MMC) pada 2006, lewat perusahaan PT. Mazda Motor Indonesia (MMI). Akan tetapi, MMC cabut pada 2016 sehingga MMI bubar dan Eurokars Group tertarik mengambilalih bisnis Mazda di Nusantara efektif sejak awal 2017.

“Eksistensi dan keseriusan Mazda (hingga bertahan 1 abad) ini yang membuat Eurokars tertarik menjual Mazda di Indonesia,” tutup Fedy. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar