Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-Siap Macet, Ada Pembangunan Emergency Parking Bay di Tol Layang Japek II

Berita Otomotif

Siap-Siap Macet, Ada Pembangunan Emergency Parking Bay di Tol Layang Japek II

BEKASI - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) membangun 4 Emergency Parking Bay.

Pembangunan ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan untuk pengguna jalan dan memperkuat emergency plan di ruas jalan tol tersebut. Pekerjaan telah dimulai pada bulan Agustus 2020 dan ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Keempat Emergency Parking Bay tersebut berlokasi di Km 21+000 dan Km 41+500 untuk arah Cikampek serta Km 39+500 dan Km 22+500 untuk arah Jakarta. Emergency Parking Bay ini nantinya akan digunakan sebagai lokasi perhentian dalam kondisi darurat dan safe zone untuk menunggu datangnya bantuan dari petugas Mobile Customer Service (MCS) Jasa Marga. Setiap Emergency Parking Bay memiliki kapasitas menampung 6-7 kendaraan dalam satu waktu bersamaan.

"Diharapkan dengan adanya Emergency Parking Bay ini, kendaraan yang mengalami gangguan tidak menganggu bahu jalan dan lajur utama sehingga menghindari kepadatan. Selain itu, nanti akan ada penambahan fasilitas pelayanan pengguna jalan seperti penyediaan toilet portable pada momen-momen tertentu seperti periode arus mudik dan balik Lebaran atau Natal dan Tahun Baru," ungkap Vera Kirana, Direktur Utama PT JJC.

Tol Layang
Dengan adanya pembangunan 4 Emergency Parking Bay ini maka Emergency Plan sebagai pelayanan keselamatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan lebih lengkap. Sebelumnya sudah ada 8 Emergency Opening (bukaan median), 8 Emergency Access (tangga darurat) serta 2 Emergency Exit (akses keluar darurat) sebanyak 1 lajur di masing-masing jalur arah Jakarta dan arah Cikampek.

Ia juga menambahkan, dalam membangun Emergency Parking Bay ini akan dilakukan pengamanan selama kontruksi. Pada lokasi bahu luar jalan tol (bahu jalan sebelah kiri) akan dipasang pengamanan berupa barrier sepanjang kurang lebih 70 meter. Pembangunan yang akan dilaksanakan secara bertahap di 4 lokasi mulai bulan November 2020 sd Januari 2021.

Tidak ada pengurangan kapasitas lajur selama masa kontruksi tersebut, sehingga pada jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated tetap beroperasi penuh 2 Lajur per masing-masing arah. Pengguna jalan tol agar tetap berhati-hati saat melintas di lokasi kontruksi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang