Siap-siap, Hari Ini Pelanggar PSBB akan Ditindak

Berita Otomotif

Siap-siap, Hari Ini Pelanggar PSBB akan Ditindak

JAKARTA - Polda Metro Jaya mulai hari ini akan melakukan penindakan terhadap pengendara yang tak patuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta.

Penindakan tersebut berupa surat teguran tertulis dan diharapkan bisa membuat masyarakat lebih disiplin. Salah satu pelanggaran yang akan mendapat teguran adalah tidak menggunakan masker saat berkendara.

“Kenapa kita berikan teguran tertulis? Ada datanya lengkap, jadi nanti kalau sudah dua kali (melanggar) sudah masuk data base, bisa kita lakukan sanksi. Tapi itu adalah jalan terakhir. Jangan cuma engga pake ini (masker) kena satu tahun (penjara),” ungkap Kombes Pol Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Tak hanya itu, pelanggar juga akan diminta untuk membuat surat pernyataan yang menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengulangi kesalahan serupa. Hal ini disampaikan oleh Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

“Hari senin kita akan berikan semacam blangko teguran bagi masyarakat yang melanggar PSBB ini nanti kemudian akan kita minta turun dari kendaraannya, kita minta mengisi blangko kemudian mereka membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya,” tegasnya.

Menurut dia, jika pengendara itu mengulangi kesalahan yang sama, pihaknya akan memberikan sanksi lebih berat dari sebelumnya. Selama PSBB, masyarakat memang dilarang untuk keluar dari rumah kecuali untuk sesuatu yang darurat. Saat keluar rumah dan berkendara, masyarakat harus menggunakan masker, baik sepeda motor maupun mobil. Jumlah penumpang di kendaraan pun dibatasi yaitu 50 persen dari total kapasitas yang ada di kendaraan tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar