Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-siap, Bisa Jadi Suzuki XL7 Mild Hybrid Meluncur 15 Juni 2023

Berita Otomotif

Siap-siap, Bisa Jadi Suzuki XL7 Mild Hybrid Meluncur 15 Juni 2023

JAKARTA – Suzuki mengunggah gambar mobil dan tanggal, dengan latar belakang angka ‘7’. Apakah itu ‘kode keras’ untuk Suzuki XL7 mild hybrid?

Akun-akun media sosial Suzuki Indonesia, pada Selasa (30/5/2023), memperlihatkan tampilan siluet sebuah mobil dari arah depan.

Penampakannya mirip dengan mobil jenis crossover atau sport utility vehicle (SUV).

Di belakang foto mobil yang misterius tersebut, tersemat angka ‘7’. Lalu, di bawah gambar mobilnya, terpatri tulisan ‘Ready for New Energy (Sudah Siap untuk Energi Baru)?’.

Sebagai pelengkap, pada bagian paling bawah, terdapat angka ‘15.6.2023’.

teaser Suzuki XL7 mild hybrid

Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, dalam acara buka puasa bersama media beberapa waktu lalu di Pulogadung, mengatakan bahwa pihaknya tahun ini bersiap meluncurkan lagi mobil bermesin mild hybrid.

Teknologi mild hybrid dari jenama asal Jepang ini sendiri disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Kinerja SHVS mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas kecil dengan ISG (Integrated Starter Generator) untuk membantu mesin bensin konvensional dalam beberapa skenario agar lebih hemat bahan bakar minyak (BBM).

Donny juga mengindikasikan kalau mobil mild hybrid baru Suzuki tersebut bakal dirakit secara lokal.

SHVS Suzuki

Suzuki sejak beberapa tahun terakhir diketahui berencana merilis XL7 mild hybrid pada 2023. Ini dibocorkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita langsung.

Sayang, sampai sekarang tidak ada satu pun eksekutif Suzuki yang mau merespons pernyataan sang menteri.

Suzuki memilih mild hybrid karena teknologi elektrifikasinya yang lebih murah ketimbang hybrid, plug-in hybrid (PHEV), serta mobil listrik listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Sejauh ini, mereka sudah ‘melepas’ dua model mild hybrid. Pertama adalah Suzuki Ertiga mild hybrid rakitan lokal yang mengaspal pada 2022.

Selanjutnya adalah Suzuki Grand Vitara mild hybrid pada Maret 2023 kemarin. Berbeda dengan Ertiga mild hybrid, Grand Vitara mild hybrid masih diimpor secara utuh (completely built up/CBU) dari India. [Xan/Ses]

Penulis: Insan Akbar Krisnamusi

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Dimas Hadi

Dimas Hadi

Author

Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang