Siap-siap, 2 Ruas Jalan Tol Trans Jawa Ini akan Segera Naik

Berita Otomotif

Siap-siap, 2 Ruas Jalan Tol Trans Jawa Ini akan Segera Naik

SOLO – Dua ruas tol Trans Jawa akan mengalami kenaikan tarif dalam waktu dekat.

Kedua ruas tol tersebut adalah Ruas Solo - Ngawi dan Ruas Gempol-Pasuruan. Hal ini disampaikan pada akun instagram @official.jasamargatransjawatol beberapa waktu lalu. Sayangnya jadwal kenaikan tarif ini belum disampaikan.

Tak hanya jadwal yang masih belum disampaikan secara terang-terangan, besaran kenaikan tarif juga masih belum disampaikan. Namun tentunya diharapkan kenaikan tarif tersebut tidak akan terlalu besar sehingga membebani masyarakat di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Kenaikan kedua ruas jalan tol tersebut pun diklaim sudah memiliki landasan hukum. Untuk ruas tol Solo – Ngawi, kenaikan tarif sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 820/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Solo - Mantingan – Ngawi.

Siap-siap, 2 Ruas Jalan Tol Trans Jawa Ini akan Segera Naik

Demikian halnya dengan ruas Jalan Tol Gempol Pasuruan yang telah mendapat persetujuan. Landasan hukum kenaikan tarif tersebut adalah Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 816/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Gempol Pasuruan.

Sebelumnya tol TransJawa sudah mengalami kenaikan tarif. Yang terbaru adalah ruas tol Semarang – Solo yang telah disesuaikan pada hari Minggu, 27 Juli pukull 00.00 lalu. Penyesuaian tarif tersebut telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021.

Dalam detail tarif disebutkan bahwa tarif termurah adalah dari Banyumanik ke Ungaran dan sebaliknya. Untuk golongan I, tarif yang dikenakan adalah Rp8500 sementara Golongan II dan III dikenakan tarif Rp13.000. Untuk tarif golongan IV dan V adalah sebesar Rp17.000.

Untuk tarif tertinggi adalah Banyumanik – Kartasura dan sebaliknya. Untuk Golongan I dikenakan tarif Rp75.000 sedangkan untuk tarif Golongan II dan III dikenakan Rp112.500. Sementara itu Golongan IV dan V dikenakan tarif sebesar Rp150.000.

Meski mengalami kenaikan tarif, tidak bisa dipungkiri bahwa jalan tol merupakan jalan tercepat untuk melintasi pulau Jawa. Dengan waktu yang lebih cepat tentunya akan mengurangi biaya perjalanan dan menekan biaya bahan bakar. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar