Siap Dijual, NJKB Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Muncul di Kemendagri

Berita Otomotif

Siap Dijual, NJKB Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Muncul di Kemendagri

JAKARTA – NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Toyota Raize dan Daihatsu Rocky muncul dalam Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) No 1 tahun 2021.

Kedua SUV compact yang memiliki daya tarik unik ini nampaknya sudah semakin dekat untuk segera dipasarkan di Tanah Air. Hal ini berdasarkan adanya data NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang dikeluarkan oleh Kemendagri akhir pekan lalu.

Dalam berkas tersebut terdapat beberapa kode unik yang saling berkaitan, namun tidak disertakan nama model dari kendaraan itu. Kodenya adalah A250RS dan A251RS untuk Daihatsu, sementara A250RA lalu A251RA pada Toyota.

Kode selanjutnya yang membuat kami merasa yakin bahwa itu adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah, kemiripannya dengan kode yang terapkan di negara asalnya yakni Jepang. Toyota Raize varian G di Jepang menggunakan kode belakang GBXV.
Toyota Raize 2021

Kemudian kode-kode berikutnya adalah pilihan varian ataupun tipe dari kendaraan. Diketahui bahwa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan ditawarkan dengan dua pilihan tipe mesin yakni 1.0-L dan 1.2-L. Lalu pilihan lainnya adalah transmisi manual (M/T) atau otomatis (CVT). Ya, SUV kompak ini menggunakan mesin kecil dan transmisi otomatis jenis CVT karena bobotnya tidak terlalu berat, sehingga dianggap masih aman menggunakan penggerak model sabuk.
Daihatsu Rocky 2021

Berdasarkan berkas dari Kemendagri tersebut, harga NJKB dari Toyota Raize sendiri mulai dari Rp 146.000.000 hingga Rp 182.000.000. Sementara untuk Daihatsu Rocky mulai dari Rp 140.000.000 hingga 168.000.000. Sedangkan DP PKB Raize mulai dari Rp 153.300.000 hingga 207.900.000, Daihatsu Rocky mulai dari Rp 147.000.000 hingga 176.400.000. Banderol ini masih di bawah sang kakak yakni Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Menariknya, kedua calon produk terbaru Toyota dan Daihatsu tersebut telah dilengkapi fitur keselamatan mutakhir. Tipe termahal Raize tertulis telah menggunakan fitur TSS (Toyota Safety Sense). TSS sendiri meliputi berbagai modul keselamatan aktif seperti Adaptive Cruise Control, 360 camera, dan lane departure warning. Namun belum bisa dipastikan fitur apa saja di dalam TSS pada Raize yang akan tetap dipertahankan. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar