Setelah Sikat Toyota, Tesla Jual Celana Kolor Seharga Rp 1 juta

Berita Otomotif

Setelah Sikat Toyota, Tesla Jual Celana Kolor Seharga Rp 1 juta

CALIFORNIA - Tesla Jual Celana pendek karet atau kolor Seharga Rp 1 juta adalah ide nyeleneh Elon Musk untuk menyindir pemain saham short selling setelah mengalahkan Toyota sebagai pabrikan otomotif paling berharga di dunia.

Bukan Elon Musk namanya kalau tidak melakukan hal out of box, kontroversial cenderung nyeleneh. Dan yang terakhir melalui akun Twitter CEO Tesla ini mempromosikan jualan barunya yakni celana pendek berwarna merah dengan tulisan "S3XY" di bagian belakangnya.

"Celana pendek edisi terbatas sekarang tersedia," tulis Musk di akun Twitter pribadinya.


Musk sendiri melakukan ini sebagai bagian dari selera humornya yang tinggi dan bermaksuk untuk mengolok-ngolok para pemain short selling di lantai bursa. Ini dilakukannya setelah Tesla berhasil melampaui Toyota, membuat perusahaannya ini menjadi pabrikan otomotif paling berharga di muka bumi.

Sedikit mengenai short selling, ini merupakan transaksi penjualan saham di mana saham dimaksud tidak dimiliki oleh penjual pada saat transaksi dilaksanakan. Artinya short selling secara sederhana disebut jual kosong, karena transaksi dilakukan tanpa ketersediaan efek.

Dalam transaksi saham secara umum, investor membeli saham dengan harapan harganya kemudian naik sehingga ada keuntungan. Pada transaksi short selling justru berharap saham yang ditransaksikannya turun. Aktivitas transaksi ini punya risiko karena akan mendorong penurunan harga saham-saham tersebut.

Kembali ke celana pendek Tesla, barang ini dijual dengan harga $ 69.420 (sekitar Rp 1 juta). 3 digit terakhir atau 420 sendiri sengaja di ambil Musk untuk langkah Musk pada 2018 saat memposting di Twitter ingin mengambil saham Tesla secara pribadi sebesar $ 420 per lembar saham. 

Postingan Musk tersebut berbuntut panjang, Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat mendendanya besar-besaran. Dan kemudian berujung dengan diturunkannya Musk dari posisi Chairman di Tesla.

Tak hanya itu, 420 sendiri adalah kode-kode dalma budaya canabis atau pengkonsumsi ganja. Musk sendiri pernah terang-terangan menghisap ganja di acara Joe Rogan Experience pada September 2018.

Dalam deskripsi iklan jualan celana pendek Tesla juga tertulis "Run like the wind or entertain like Liberace" dan ""Enjoy exceptional comfort from the closing bell". Keduanya kalimat yang disebut menggambarkan sebuah ekspresi kebebasan dan barang ini akan dikirim dalam 2-4 minggu seandainya stock masih tersedia.

Namun jangan sedih, ternyata celana pendek merah bertuliskan S3xy buatan Tesla ini sudah habis terjual. Jika benar-benar berminat, Anda bisa menulis alamat email dan akan dihubungi jika stock kembali tersedia.

Perbuatan nyeleneh yang dilakukan oleh Musk kali ini banyak disebut sebagai ekspresi kegembiraan atas kesuksesannya di kwartal kedua 2020. Tesla disebut cukup berhasil untuk bertahan malah menorehkan prestasi di tengah pandemi Corona yang melanda dunia.

Kesuksesan tersebut tak lain adalah dari melonjaknya harga saham tesla menjadi 3 kali lipat tahun ini menjadi $ 1.200 (Rp 17.1 juta) per lembarnya. Selain itu Tesla berhasil menjual 90 ribu mobil pada periode yang sama. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar