Setelah Mobil, Kamera Tilang Elektronik juga Intai Motor

Berita Otomotif

Setelah Mobil, Kamera Tilang Elektronik juga Intai Motor

JAKARTA – Tilang elektronik (Electronic-Traffic Law Enforcement/E-TLE) akan diberlakukan untuk sepeda motor dalam waktu dekat di Ibu Kota, setelah sebelumnya hanya untuk kendaraan beroda empat atau lebih.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya segera menerapkan pula tilang elektronik untuk kendaraan roda dua. Pemberlakuannya sendiri mulai 1 Februari mendatang.

Namun, sebagai awal, baru dua ruas jalan serta satu koridor Transjakarta yang menerapkannya. Dua ruas jalan umum itu adalah Jl. Jendral Sudirman hingga Jl. MH Thamrin, sedangkan koridor Transjakarta yang menjadi pionir ialah Koridor 6  dengan rute Ragunan – Dukuh Atas.

“Sepanjang jalan itu akan berlaku tilang elektronik untuk motor dan juga mobil yang sebelumnya sudah diterapkan,” jelas Fahri, seperti dikutip dari informasi di laman daring NTMC Polri baru-baru ini.

Menurut dia, pekan pertama Februari Ditlantas Polda Metro Jaya akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi. Mulai pekan kedua barulah penindakan dilakukan.

“Kami sosialisasikan sekitar kurang lebih satu pekan, baru setelah itu penindakan,” jelasnya.

Sejauh ini Ditlantas Polda Metro Jaya sudah memasang 12 CCTV untuk menangkap berbagai pelanggaran pengemudi mobil. CCTV tersebut dipasang di sejumlah titik termasuk kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Mulai 2020, jumlah kamera pengawas yang dipasang akan ditambah sebanyak 45 kamera sehingga total menjadi 57 kamera pengawas. Diharapkan, penambahan kamera akan bisa mendorong pengguna jalan agar lebih tertib dalam berkendara.

Kepolisian menyebutkan sejak penerapan 1 November 2018 hingga November 2019 sebanyak 54.074 pelanggar sudah ditindak. Melalui sistem ini denda tilang yang terkumpul dan diserahkan ke negara berjumlah Rp3,9 miliar. Polisi juga mengklaim jumlah pelanggar lalu lintas karena sistem ini turun 27 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support