Seru, Mitsubishi Buka Rencana Peluncuran Xpander Hybrid

Berita Otomotif

Seru, Mitsubishi Buka Rencana Peluncuran Xpander Hybrid

TOKYO – Mitsubishi membeberkan secara cukup gamblang rencana produk mereka di masa depan. Salah satunya yang amat seru adalah peluncuran Xpander hybrid.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC), pada Senin (27/7/2020), mengumumkan rencana jangka menengah selama tiga tahun ke depan yaitu hingga tahun fiskal 2022 (berakhir Maret 2023) di pasar global. Dalam rencana bisnis berjuluk ‘Small but Beautiful’ (Kecil tapi Indah) itu, korporasi yang bermarkas di Minato City, Tokyo tersebut antara lain mengatakan bakal fokus di pasar Asia Tenggara, di teknologi-teknologi tertentu sesuai pembagian dalam aliansi Renault – Nissan – Mitsubishi, juga akan memotong biaya produksi dan meningkatkan profit.

Akan tetapi, topik paling menarik tentu soal rencana produk. Mitsubishi, seperti dilaporkan Carscoops, dalam ‘jangka yang lebih panjang lagi’ (pada tahun fiskal 2023) berencana meluncurkan Xpander terbaru maupun Xpander hybrid. Artinya, multi purpose vehicle (MPV) itu akan mengaspal di suatu waktu antara April 2023 - Maret 2024, tapi belum diketahui untuk negara mana terlebih dahulu.

Mereka juga sudah memasukkan Pajero Sport dengan desain terbaru dalam jadwal. Selain itu, merek berlogo tiga berlian ini membeberkan rencana perkenalan dua model benar-benar baru yang mengandalkan mesin diesel generasi termutakhir.

Sayangnya, hanya itu yang mereka sebutkan mengenai rencana produk ‘dalam jangka lebih panjang’. Xpander sendiri merupakan andalan Mitsubishi di Indonesia yang menjalani debut global di negara tersebut pada 10 Agustus 2017 plus sudah diproduksi secara lokal.

Eclipse Cross PHEV dan Teknologi Semiotonom
Beberapa calon model baru, di sisi lain, disebutkan secara lebih merinci. Ada Eclipse Cross plug-in hybrid (PHEV) yang ingin Mitsubishi rilis pada tahun fiskal 2020 atau paling lambat Maret 2021.

Sementara itu, pada tahun fiskal 2021 yang berakhir pada Maret 2022, mereka akan menerjunkan Outlander baru plus mobil listrik anyar yang menyasar pasar China. Kendaraan bagi pasar ‘Negeri Tirai Bambu’ tersebut dikembangkan bersama-sama dengan partner lokal GAC.

Masuk tahun fiskal 2022, dengan tenggat akhir Maret 2023, bakal ada Triton maupun Outlander PHEV anyar. Sistem penggerak PHEV-nya sendiri kelak sudah lebih sempurna.

Dari sisi teknologi, Mitsubishi nantinya berkonsentrasi pada pengembangan hybrid, PHEV. Ada pula riset dan pengembangan teknologi semiotonom serta sistem penggerak empat roda.

Untuk pasar Jepang, mereka sedang mempelajari pengembangan Kei Car bersama Nissan yang meluncur setelah tahun fiskal 2022. Ada kemungkinan kolaborasi tersebut menghasilkan varian Kei Car listrik pula. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar