Sering Bikin Kelistrikan Rusak, Ini Tips Mengusir Tikus dari Mobil

Panduan Pembeli

Sering Bikin Kelistrikan Rusak, Ini Tips Mengusir Tikus dari Mobil

JAKARTA – Ada beragam cara mengusir tikus dari mobil dari mulai menggunakan alat sederhana, cairan kimia, hingga perangkat yang relatif canggih.

Tikus merupakan salah satu musuh bagi kendaraan. Bagaimana tidak, binatang pengerat ini sering masuk ke kap mobil dan menggigiti kabel-kabelnya.

Alhasil, kelistrikan maupun kinerja berbagai fitur pun akhirnya terganggu.

tips mengusir tikus dari mobil

Di samping itu, kehadiran tikus kerap menimbulkan bau tidak enak pada kap mesin. Kotoran-kotoran yang sering mereka tinggalkan juga menggangu kebersihan serta keindahan.

Cara mengusir tikus dairi rumah sebenarnya gampang-gampang susah. Tapi daripada mobil makin rusak atau kotor, lebih baik ‘berperang’ melawannya.

5 Cara Mengusir Tikus dari Mobil

Berikut ini tips yang bisa dicoba untuk membuat tikus enggan berada dekat dengan mobil, seperti dikutip dari situs Auto2000:

  • Memanaskan Mesin Setiap Hari

Tikus menyukai area yang gelap, tenang, dan lembab. Kap mobil yang jarang dipanaskan bisa menjadi ‘tempat singgah’ yang menyenangkan untuknya.

Oleh karena itu, panaskan mesin mobil setiap hari jika di garasi atau rumah Anda banyak tikur bersliweran.

  • Menyebar Kapur Barus atau Kamper

Binatang satu ini disebut amat tidak suka dengan bau kapur barus atau kamper. Anda bisa menumbuk atau menghaluskan kedua benda ini, lalu menyebarkannya di area mesin mobil. Sebarkan secara merata hingga ke sudut.

  • Menyemprotkan Cairan Anti Tikus

Anda bisa pula membeli cairan anti tikus di toko-toko perlengkapan otomotif. Caranya, semprotkan cairan ini ke kain terlebih dahulu, lalu letakkan kainnya di sudut-sudut mesin mobil.

Letakkan pula kain yang telah dibasahi cairan anti tikus di sela-sela filter udara atau melilitkannya di selang AC. Gunanya agar aroma cairan terbesar merata.

cara mengusir tikus dari mobil

  • Pakai Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Jika tikus di tempat Anda masih juga membandel, Anda bisa membeli alat ultrasonik pengusir binatang tersebut. Alat ini disebut bisa melakukannya dengan lebih cepat serta mudah, tapi Anda mesti berhati-hati agar tidak merusak interior maupun mesin mobil.

Cara kerja dari alat ini adalah mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang akan menganggu pendengaran tikus dan membuat mereka kabur.

  • Pasang Lampu LED Rendah Voltase

Cara alternatif terakhir adalah memanfaatkan lampu LED rendah voltase. Pasang perangkat ini di area mesin. Kondisi kap yang terang berpotensi membuat tikus ogah ‘mampir’.

Selamat mencoba, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar