Seru Nih, Kebijakan Mobil Listrik Biden Langsung Dapat Perlawanan

Berita Otomotif

Seru Nih, Kebijakan Mobil Listrik Biden Langsung Dapat Perlawanan

WASHINGTON - Joe Biden langsung melakukan gebrakan soal percepatan penggunaan mobil listrik di Amerika dan hal ini ternyata mendapat perlawanan.

Setelah beberapa saat dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat menggantikan Donald Trump, Joe Biden langsung membuat terobosan besar mengenai mobil listrik. Dan langsung secara masif akan meremajakan seluruh kendaraan dinas milik pemerintah federal berjumlah 645 ribu unit dengan kendaraan atau mobil listrik.
 
Berdasarkan data General Service Administration, secara detail, ratusan ribu mobil dinas termasuk kendaraan militer itu terdiri dari 272 ribu truk pickup. 102 ribu truk ringan, 39 ribu truk berat, 224 ribu mobil penumpang serta 8 ribu bus dan ambulans.
 
Biden fokus melakukan peremajaan mobil dinas pemerintah ini dengan mobil-mobil listrik asli buatan Amerika Serikat. Ia sejalan dengan ungkapan resminya belum lama ini yakni "The Future America Made by America".
Kebijakan mobil listrik Joe Biden dapat perlawanan
Kabarnya General Motor (GM) sebagai pabrikan asli Amerika menyetujui hal tersebut. Mereka juga langsung mengumumkan akan fokus hanya memproduksi mobil listrik pada 2035.
 
Hal ini langsung mengusik ketenangan industri minyak di Amerika Serikat dan membuatnya bersiap melakukan perlawanan. Seperti yang dikabarikan Reuters, para pelaku industri minyak tersebut saat ini sedang mencari aliansi kepada petani jagung Amerika dan produsen biofuel, mereka melakukan lobi agar bisa bergabung bersama menentang kebijakan Biden.
 
The American Fuel and Petrochemical Manufacturers (AFPM) yang merupakan grup produsen bahan bakar juga petrokimia Amerika telah mengkonfirmasi rencana tersebut. Dan tujuan dari gerakan ini tak lain adalah untuk memblokir upaya pemberian subsidi kepada kendaraan listrik serta mengurangi intensitas karbon pada sistem transportasi.
 
Namun demikian industri grup biofuel ternyata tidak terlalu mempercayai gerakan yang dilakukan industri minyak Amerika Serikat. Grup ini tidak tertarik untuk bergabung bersama karena mereka hapal sejarah busuk industri minyak Amerika.
 
"Kami bukan baru lahir kemarin dan tidak akan membiarkan industri minyak mempermainkan kami. Mereka memiliki sejarah panjang dalam mempengaruhi grup lain untuk melakukan pekerjaan kotor mereka dan kami tidak tertarik melakukan itu," ucap sumber dari industri biofuel.
Kebijakan mobil listrik Biden dapat perlawanan
Suara yang relatif sama datang dari Corn Growers Association atau asosiasi petani jagung Amerika. Mereka masih memperdebatkan apakan akan menandatangi kontrak dengan “Big Oil”.
 
Keadaan memang menjadi berbalik sejak Trump lengser. Presiden flamboyan itu pada masa kepemimpinannya dekat dengan industri minyak dan gas. 
 
Salah satu langkahnya dibuktikan dengan menuntut negara bagian California atas keputusan melarang penggunaan mobil berbahan bakar bensin untuk beroperasi di sana pada 2035.
 
Industri minyak Amerika Serikat memiliki argumen bahwa sejatinya emisi karbon dapat dikurangi dengan peningkatan kandungan oktan serta etanol. Dan sumber etanol tersebut berasal dari biomassa jagung, serta karenanya industri bunyak besar tiba-tiba merapat ke petani jagung.
 
Sekali lagi industri biofuel tetap tidak akan tertarik dengan bujukan industri minyak Amerika. Dan selalu menaruh curiga.
 
"Tidak mengherankan jika industri minyak tiba-tiba ingin merangkul kami. Karena kami memproduksi bahan bakar rendah karbon sementara mereka tidak," jelas sumber biofuel lainnya. [Ari]


Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar