Seperti Xenia, Avanza Terbaru Diklaim Berhak Dapat PPnBM 0% Permanen

Berita Otomotif

Seperti Xenia, Avanza Terbaru Diklaim Berhak Dapat PPnBM 0% Permanen

JAKARTA - Tak hanya All New Daihatsu Xenia, All New Toyota Avanza pun disebut berhak menikmati Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen permanen yang kini dikaji pemerintah.

Sekadar mengingatkan, para pabrikan otomotif melalui Kementerian Perindustrian sedang mengusulkan dua kebijakan.

Pertama adalah perpanjangan insentif PPnBM untuk mobil-mobil rakitan dalam negeri dengan komponen lokal minimal 60 persen pada 2022. Insentif ini diberikan di tengah pandemi Covid-19 sejak Maret sampai Desember 2021.

Kedua, pemberian insentif PPnBM 0 persen permanen bagi mobil-mobil yang dibuat di Indonesia dengan komponen lokal minimal 80 persen. Terdapat 11 model yang terdata memenuhi syarat komponen lokal 80 persen, jika mengacu pada Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 1737 Tahun 2021.

Regulasi ini sendiri berisikan daftar model penerima insentif PPnBM periode Maret-Desember, lengkap dengan keterangan komponen lokal masing-masing model.

Lebih lanjut, model populer yang terpantau memiliki komponen lokal di bawah 80 persen dalam aturan tersebut adalah Avanza. Ini di bawah batas minimal dalam usulan PPnBM 0 persen permanen.

Akan tetapi, low multi purpose vehicle (LMPV) yang baru saja hadir dalam generasi ketiga pada November itu diklaim Toyota sudah memenuhi syarat.

“Mengenai Avanza, yang mungkin beberapa bulan lalu didaftarkan dengan local purchase (komponen lokal) kira-kira 78 persen, saya dengar terakhir dari teman-teman ADM (PT. Astra Daihatsu Motor) sudah meningkat di atas 80 persen,” kata Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam Virtual End Year Gathering belum lama ini.

Seperti diketahui, ADM merupakan perakit Avanza-Xenia yang berbagi platform maupun suku cadang.

Tak heran, menurut Kepmenperin Nomor 1737 Nomor 2021, Xenia generasi ketiga yang mengaspal pada November kemarin pun memiliki komponen lokal tak jauh dari sang saudara (79,2 persen). Tentunya, angka itu di bawah ketentuan dalam usulan PPnBM 0 persen permanen.

Kendati begitu, menurut Marketing and Corporate Planning Director ADM Amelia Tjandra dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu, komponen lokal All New Xenia berdasarkan audit independen yang dilakukan Surveyor Indonesia telah di atas 80 persen.

Amelia menyebut hasil audit independen inilah yang nantinya menjadi salah satu dasar pemberian PPnBM 0 persen permanen.

“Angka (di dalam Kepmenperin 1737 Tahun 2021) itu diberikan oleh masing-masing agen pemegang merek yang diminta melaporkan hitungan komponen lokal versi masing-masing berdasarkan hitungan dari Kemenperin,” jelas Amel.

Sebenarnya, masih ada dua model populer Toyota-Daihatsu yang menurut Kepmenperin 1737 Tahun 2021 tak memenuhi batas komponen lokal minimal untuk PPnBM 0 persen permanen. Model-model yang dimaksud ialah Rush-Terios.

Tapi, lagi-lagi, Terios diklaim Amel sudah mempunyai komponen lokal 80 persen jika melihat hasil audit indepen.

“Kalau untuk Rush, saya belum dengar (dari ADM),” aku Anton belakangan ketika dihubungi Mobil123.com via pesan singkat, mengenai ‘saudara’ Terios yang sama-sama dirakit pula oleh Daihatsu. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar