Seperti TRD Sportivo, Varian GR Sport dari Toyota juga Andalkan Aksesori

Berita Otomotif

Seperti TRD Sportivo, Varian GR Sport dari Toyota juga Andalkan Aksesori

JAKARTA – Toyota telah mengganti semua varian TRD Sportivo di Indonesia dengan varian GR Sport. Namun, pada prinsipnya TRD Sportivo dan GR Sport sama.

Toyota merilis lima model GR Sport sekaligus pada Senin (9/8/2021) kemarin. Kelimanya yaitu Agya GR Sport, Avanza Veloz GR Limited, Rush GR Sport, Yaris GR Sport, dan Fortuner GR Sport. Semuanya mengisi peran sebagai varian teratas dari masing-masing model tersebut.

Toyota juga mengumumkan bahwa GR Sport menjadi pengganti model-model TRD Sportivo di pasar Indonesia.

GR sendiri merupakan singkatan dari Gazoo Racing, divisi motorsport Toyota.

Perkenalan pertama model GR di Indonesia dilakukan lewat GR Supra pada 2019. Selanjutnya adalah GR Yaris yang distribusi resminya ke konsumen Indonesia masih dalam proses hingga detik ini.

Kemudian, ada Raize GR Sport pada April 2021 sebelum akhirnya disusul oleh lima model GR Sport lain yang telah disebutkan tadi.

Toyota Rush GR Sport

Berdasarkan pemantauan Mobil123.com, beberapa pembaca bertanya mengenai apakah lima model GR Sport terkini juga mendapatkan perbedaan pada performa berkat diferensiasi setelan pada mesin, suspensi, dan sebagainya. Mereka mengacu pada GR Supra maupun GR Yaris.

Jawabannya adalah tidak. Anton Jimmi Suwandy, dalam konferensi pers virtual peluncuran Toyota Raize beberapa waktu lalu, sudah menjelaskan bahwa GR Sport ialah penamaan untuk varian dari sebuah model dan perbedaannya dengan varian-varian lain lebih bersifat estetika.

Ada lagi yang memang diposisikan sebagai sebuah produk dengan performa ‘lebih’ seperti GR Supra dan GR Yaris. Jika diamati, kata 'GR' pada keduanya diletakkan di depan nama model tanpa embel-embel 'Sport'.

Sementara, untuk kasus Raize, Agya, Avanza, Rush, Yaris, Fortuner, nama 'GR' disematkan di bagian belakang model dan hampir semuanya ditambahkan lagi kata 'Sport'.

Toyota Avanza Veloz GR Limited

“GR akan ada dalam beberapa level. Ada yang memang suatu produk. Total menjadi sebuah produk GR. Ada lagi yang memiliki tuning mesin, suspensi, dan lain-lain. GR Sport ini lebih banyak kosmetika dan styling-nya (penggayaan desain—Red),” papar dia.

Anton, melalui pesan singkat kepada Mobil123.com pada awal pekan ini, mengatakan aktivitas branding (pencitraan merek—Red) GR Sport akan dilakukan dengan lebih kuat daripada TRD Sportivo. Langkah ini diambil sejalan dengan strategi Toyota di pasar global.

“Ke depannya, brand ini (GR) yang akan menjadi brand sport dan sporty kami,” tukas dia via pesan singkat. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar