Separuh Penjualan Mobil Honda pada Juni 2020 Didapat via Online

Berita Otomotif

Separuh Penjualan Mobil Honda pada Juni 2020 Didapat via Online

JAKARTA – Honda makin bergantung pada jalur daring (online) untuk berjualan mobil di Indonesia gara-gara pandemi virus Corona (Covid-19). Separuh penjualan mereka pada Juni 2020 sudah berasal dari jalur tersebut.

Pandemi Corona masuk Indonesia mulai awal Maret 2020, diikuti oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak daerah sebulan setelah itu. Sebanyak 70 persen area penjualan mobil nasional terdampak kebijakan karantina serta jaga jarak fisik tersebut, sehingga membuat banyak pabrikan beralih ke penjualan online.

Honda termasuk satu di antara beragam merek mobil yang menggeber penjualan via online di masa pandemi. Yusak Billy selaku Marketing, Sales, and Business Innovation PT. Honda Prospect Motor (HPM), ketika dihubungi Mobil123.com pada Kamis (9/7/2020), mengatakan 50 persen dari penjualan mereka pada Juni kemarin dikontribusikan dari sana.

Total volume penjualan Honda pada bulan itu adalah 2.488 unit, dengan Brio serta HR-V sebagai dua model paling laris. Angka penjualan meningkat 93 persen dibanding Mei berkat perekonomian yang mulai kembali bergerak karena pemberlakuan ‘new normal’ (hidup normal dengan norma-norma baru di masa pandemi) mulai awal Juni.

Yusak mengatakan Honda akan terus memacu penjualan via online hingga akhir tahun, meski PSBB telah dihentikan dan pemerintah sudah memberikan berbagai kelonggaran bekerja dan beraktivitas bagi bagi masyarakat. Pasalnya, protokol jaga jarak fisik di masa pandemi telah membuat masyarakat makin ‘akrab’ dengan cara itu.

“Kami melihat pembelian melalui jalur online ini akan terus menjadi kebiasaan baru bagi konsumen dan akan terus meningkat pada masa new normal nantinya,” ucap dia melalui pesan singkat.

Honda, tambah Yusak, akan terus meningkatkan aset digital untuk semakin memudahkan konsumen. Ia menilai mungkin saja porsi penjualan Honda via online akan lebih banyak lagi pada bulan-bulan ke depan.

Saat ini Honda meladeni pemesanan kendaraan secara digital melalui situs resmi maupun toko virtual di berbagai situs jual – beli. Layanan purnajual mereka meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala di rumah pelanggan, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, serta Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar