Sensasi Ngebut Naik Ferrari Hingga 310 km/jam di Jalan Bebas Hambatan

Berita Otomotif

Sensasi Ngebut Naik Ferrari Hingga 310 km/jam di Jalan Bebas Hambatan

BERLIN - Ngebut dengan Ferrari memang memberikan sensasi tersendiri. Kali ini Ferrari F430 yang dapu di jalur bebas hambatan Autobahn, Jerman. 

Ferrari F430 adalah salah satu mobil impian. Hanya diproduksi dalam jangka 5 tahun (2004 - 2009), banyak yang tergila-gila hingga akhirnya mengoleksi mobil karya desainer mobil ternama Frank Stephenson bersama rumah desain Pininfarina.

Di balik garis eksteriornya yang menawan, suksesor Ferrari 360 ini dilengkapi dengan mesin V8 non turbo alias naturally aspirated berkapasitas 4.3-liter. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapao 483 hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 465 di 5.250 rpm.

Ferrari sendiri mengklaim bahwa Ferrari F430 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3.6 detik. Dan dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 315 km/jam.

Lalu bagaimana performanya setelah berumur lebih dari 10 tahun ?. Pada video lansiran AutoTopNL, rasanya kita semua bisa merasakan sensasi F430 yang dipacu di jalur bebas hambatan Autobahn.

Pertama, kita simak kecepatan yang dibangun pada Ferrari F430 type Scuderia atau sports coupe berwarna silver ini. Dengan transmisi F1 automated manual, kita bisa merasakan betapa solidnya tenaga yang tersedia di setiap putaran mesin.

Dalam sekejap kecepatan 200 km/jam dapat diraih. Dan Anda tentu tahu jika di Autobahn siapa pun bisa memacu mobil sekencangnya serta kondisi ini tentu sangat menggoda apalagi sedang berada di balik kemudi sebuah sportscar.

Pengemudi tampak mencoba memaksimalkan performa F430 dengan mode pengendaraan race. Raungan mesin serta performa tentu menjadi lebih galak serta nafasnya menjadi lebih panjang. Dan pada saat jalan relatif kosong, kecepatan maksimal 310 km/jam bisa digapai.

Memang ini masih 5 km/jam dari batas kecepatan maksimal yang diklaim Ferrari. Namun demikian, jika berada di posisi yang sama, Anda sepertinya juga tidak akan memaksa untuk mencoba membuktikannya lebih jauh. Karena tentu risikonya sangat besar saat memacu kecepatan setinggi itu di jalan umum.

Terakhir, yang juga menarik adalah saat melihat jarak tempuh dari F430 ini. Angka odometernya sudah mencapai sekitar 67 ribu km. Artinya mobik sportscar eksotis yang sudah tidak diproduksi lagi ini sering digunakan oleh pemiliknya alias dinikmati performanya.

Jadi bukan hanya untuk menjadi penghias atau ratu di garasi pemiliknya. Jika berkesempatan memilki mobil sekelas Ferrari F430, Anda termasuk golongan yang mana, penikmat performa atau hanya senang memoles dan menikmati kinclongnya mobil di garasi rumah ?. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar