Senjakala Ford di Indonesia

Berita Otomotif

Senjakala Ford di Indonesia

JAKARTA - Ford Motor Indonesia sudah memutuskan akan menghentikan bisnis mereka di Indonesia. Bila dilihat dari sisi penjualan, Ford memang mencatatkan penurunan penjualan yang sangat signifikan.

Sebagai perusahaan otomotif dunia, Ford bukanlah pendatang baru di Indonesia. Ford telah hadir di Indonesia sejak 1989, saat itu Ford di Indonesia diwakili oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Jauh sebelum itu, mobil-mobil dari Ford sebenarnya juga sudah dipasarkan di Indonesia oleh para importir mobil.

PT Ford Motor Indonesia kemudian diresmikan pada bulan Juli 2000 sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Ford di Indonesia.

Pada tahun 2013, penjualan Ford mencatatkan angka 9.907 unit. Angka itu kemudian melambung di 2014. Pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat ada 12.008 unit kendaraan Ford yang telah terjual di Indonesia.

Tapi penjualan Ford bagai roller coaster. Di 2015 lalu penjualan Ford drop. Turun drastis hingga hanya menyisakan 4.986 unit saja. Hal ini mungkin yang melatari tutupnya Ford di Indonesia.

"Hari ini (Senin 25/1/2016), kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford," kata Managing Director, Ford Motor Indonesia Bagus Susanto. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual