Senator AS Usul Perusakan Mobil Demi Selamatkan Anjing Dilindungi Hukum

Berita Otomotif

Senator AS Usul Perusakan Mobil Demi Selamatkan Anjing Dilindungi Hukum

WASHINGTON D.C – Senator Amerika Serikat (AS) mengajukan amandemen undang-undang yang menghindarkan warga dari tuntutan hukum, jika ia membobol mobil orang lain dengan alasan menyelamatkan hewan peliharaan yang terperangkap di dalamnya.

Kay Kirkpay, Senator dari Negara Bagian Georgia, meyakini bahwa perlindungan dan keselamatan hewan membutuhkan dukungan undang-undang. Dari riset yang ia lakukan, diketahui bahwa sejauh ini belum ada proteksi hukum terhadap orang-orang yang terpaksa merusak kendaraan milik pihak lain demi menyelamatkan hewan terkunci di dalamnya.

“Saya menyadari bahwa tidak ada perangkat hukum bagi orang-orang yang berniat mengeluarkan hewan stres akibat terjebak di dalam mobil,” ucapnya, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini.

Kirkpatrick mengusulkan UU proteksi pembobolan mobil untuk menyelamatkan anak kecil diperluas lagi konteksnya. Penyelamatan hewan di dalam mobil, baik ditaruh secara sengaja oleh pemeliharanya maupun tidak sengaja, ia rasa perlu.

Dia mengusulkan agar penyelamat hewan yang merusak pintu atau kaca jendela mobil harus langsung menghubungi 911 agar bisa terbebas dari tuntutan hukum pemilik kendaraan. Michael Rhett, Senator AS dari Negara Bagian Geogia, juga mengajukan amandemen serupa.

Kabar perihal ini muncul tak lama setelah Tesla mengumumkan rencana memperkenalkan ‘Dog Mode’ atau ‘Mode Anjing’ di mobil-mobil listrik mereka. Mode ini, jika diaktifkan, bakal menghidupkan pendingin udara plus musik demi memastikan hewan peliharaan khususnya anjing berlaku anteng di dalam kabin meski ditinggal sendirian.

Perlindungan terhadap hewan peliharaan yang berada sendirian di dalam mobil memang dianggap masih kurang. Pabrikan-pabrikan sejauh ini baru menciptakan fitur yang mendeteksi dan memperingati pemilik kendaraan mengenai keberadaan anak kecil di dalam kabin.

Lantas, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda termasuk yang setuju dengen pembobolan mobil untuk menyelamatkan hewan peliharaan di dalamnya? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar