Seluruh SPBU Pertamina akan Gunakan Nozzle Digital Pertengahan Tahun Ini

Berita Otomotif

Seluruh SPBU Pertamina akan Gunakan Nozzle Digital Pertengahan Tahun Ini

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menegaskan bahwa pihaknya akan terus melanjutkan program penggunaan nozzle digital.

Pada beberapa SPBU di Indonesia, Pertamina telah menggunakan nozzle digital di dispenser mereka. Dengan nozzle digital maka hasil penjualan BBM lebih mudah terekam secara akurat. Laporan terhadap penjualannya pun akan masuk ke bank data secara real time serta menghindari kecurangan dalam penyaluran BBM.

Program ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2018 dan sempat ditargetkan rampung pada kuartal pertama tahun 2019. Sayang target tersebut tidak terpenuhi sehingga pembaruan nozzle masih terus dilakukan hingga tahun ini.

Pertamina pun kini memiliki target baru dalam memperbarui nozzle digital ini. Mas’ud Khamid, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina menegaskan bahwa pihaknya menargetkan bisa merampungkan tugas tersebut pada pertengahan tahun 2020.

“Saat ini sudah terinstall sekitar 3.700 hingga 4.000 nozzle digital di seluruh Indonesia dari 5.518. Maksud dari terinstall itu adalah yang bisa kami tarik datanya. Jadi sudah lebih dari setengahnya,” ungkap Mas’ud Khamid, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina.

Ia menegaskan bahwa dengan menggunakan nozzle digital maka Pertamina bisa dengan cepat melakukan teguran kepada SPBU yang menjual BBM bersubsidi lebih dari ketentuan. Dengan demikian penyaluran BBM bersubsidi bisa menjadi tepat sasaran.

“Iya bisa mengetahui kalau ada SPBU nakal. Kami targetkan semua SPBU di Indonesia sudah menggunakan nozzle digital pada bulan Juni 2020,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar