Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Selisih Rp30 Juta, Ini Bedanya Chery Tiggo 5X Tipe Champion dan Classic

Panduan Pembeli

Selisih Rp30 Juta, Ini Bedanya Chery Tiggo 5X Tipe Champion dan Classic

Pada pekan lalu PT Chery Sales Indonesia secara resmi mengumumkan harga compact SUV terbaru mereka yaitu Tiggo 5X. Model tersebut tersedia dalam dua tipe, yakni varian Classic Rp249 juta dan untuk varian Champion dijual Rp279 juta. Dengan selisih harga Rp30 juta, seberapa banyak perbedaan kedua trim tersebut? 

Sebelum lebih jauh membahas soal perbedaan kelengkapan dari Chery Tiggo 5X varian Classic dan Champion, terlebih dulu kita akan flashback kemunculan mobil ini di Indonesia. Hadirnya Chery Tiggo 5X di Tanah Air melewati proses yang cukup panjang, karena sempat diperkenalkan pada awal 2022 lalu namun tidak kunjung meluncur hingga 1,5 tahun. 

Sebelumnya, Tiggo 5X diperkenalkan dalam versi Tiggo 4 Pro. Terjadi perubahan nama karena budaya China yang menganggap angka 4 kurang membawa keberuntungan. Tiggo 4 Pro sendiri merupakan SUV kompak B-segmen sekelas Honda HR-V yang telah dipasarkan di Russia, Italia, Amerika Selatan bahkan Afrika Selatan.

Secara umum, tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi pada Tiggo 5X bila dibandingkan Tiggo 4 Pro yang sempat dipublikasikan oleh PT Chery Sales Indonesia tahun 2022 lalu. Untuk Tiggo 5X yang meluncur kali ini merupakan facelift dengan beberapa penyempurnaan dari sisi desain maupun fitur yang lebih beragam. 

Spesifikasi Chery Tiggo 5X

Membahas spesifikasi mesin Chery Tiggo 5X, baik tipe Classic maupun Champion tidak ada bedanya. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.500 cc VVT non turbo, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 112 hp/6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm/2.750 Nm dengan transmisi otomatis CVT simulasi 7 percepatan.

Bicara ukuran kendaraan, Chery Tiggo 5X memiliki dimensi panjang 4.318 mm, lebar 1.831 mm, tinggi 1.662 mm, dengan wheelbase 2.610 mm. Suspensi depannya memakai jenis MacPherson dan suspensi belakang Torsion Beam. 

Sistem pengereman telah memakai rem cakram di seluruh roda dengan setir dibekali electric power steering. 

Soal ukuran ban, ada perbedaan dimana tipe Classic memakai 215/65 R16 dengan velg silver, sedangkan tipe champion memakai ban 215/60 R17 dengan velg Black Champion. 

Perbedaan Fitur di Chery Tiggo 5X Classic dan Champion 

Dengan selisih harga mencapai Rp30 juta, ternyata cukup banyak perbedaan fitur antara tipe Classic dan Champion. Pertama, kami akan mengulas fitur di tipe Classic terlebih dahulu. 

Pada sisi eksterior, tipe Classic dapat dikenali dari headlamp yang masih memakai reflektor dengan bohlam halogen biasa. Kelengkapan fitur pada eksterior mencakup Rear Parking Sensor, Load Capacity Rail, Silent Glass, hingga Door Mirror Power Adjust + Door Mirror Heating. 

Fitur di Interior Tiggo 5X Classic Cukup Beragam 

Masuk ke dalam kabin Tiggo 5X, kita disuguhi interior modern ala mobil China. Pada tipe terendah ini interiornya berkelir hitam. Fitur yang tersedia cukup lengkap, mulai dari head unit layar sentuh sebesar 10,25 inci yang mendukung Intelligent Voice Assistant, dipadukan speaker di empat titik. Head unitnya mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. 

Setirnya memakai lapisan kulit yang membuat kesan mewah. Kemudian tersedia Sun Visor with Vanity Mirrors, AC with PM 2.5 Filter, AC Second Row Outlet, Auto Window with Anti Pinched System, hingga Armrest with Storage. 

Fitur Safety Lengkap Minus ADAS

Hal menarik lainnya dari Tiggo 5X tipe Classic ialah fitur safety nyaris lengkap untuk mobil dengan harga di bawah Rp250 juta. Mengapa disebut nyaris lengkap, karena tipe ini hanya tidak tersedia ADAS seperti tipe Champion. 

Pada Tiggo 5X Classic telah dibekali Airbags 6 titik, ISOFIX, Vehicle Body Anti Theft, dan Green Glass. Fitur lainnya pada mobil ini antara lain sistem pengereman yang didukung ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System hingga Electronic Stability Program. 

Fitur penunjang keselamatan lainnya yaitu Traction Control, Hillstart Assist Control, Hill Descent Control, Tyre Pressure Monitoring System, hingga Auto Central Locking Door. 

Chery Tiggo 5X Champion, Terlengkap Dengan ADAS

Tipe yang dijual Rp30 juta lebih mahal ini tentu memiliki kelengkapan fitur yang jauh lebih lengkap. Perbedaannya tidak terlalu banyak tapi signifikan karena Tiggo 5X Champion telah dibekali dengan Advance Driving Assistant System (ADAS) alias teknologi sistem keselamatan aktif. 

Sebelum lebih jauh membahas fitur keselamatan, kita bahas dulu perbedaannya dari sisi eksterior. Pada tipe Champion ini memiliki seluruh kelengkapan di tipe Classic yang ditambah Electric Sunroof, Sharkfin Antenna, Auto Speed Adjust Front Wiper, hingga Welcome Lamp dengan Tiggo Logo. 

Masuk ke interior, tipe Champion bisa dikenali dengan kombinasi warna hitam dan aksen merah pada dashboard dan doortrim. Tipe ini mendapat speaker lebih banyak yaitu 6 titik, ambience light, hingga fitur 360 camera. 

Lebih jauh, fitur keselamatan standar di tipe Classic dan Champion ini serupa. Bedanya ada pada ADAS yang jadi kelengkapan di tipe Champion mencakup 7 fitur (Lane Departure, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, and Intelligent High-beam Control Headlamp).

Kesimpulan

PT Chery Sales Indonesia mengumumkan harga resmi Chery Tiggo 5X On the Road Rp249 juta untuk varian Classic dan Rp279 juta untuk varian Champion.

Lebih menarik lagi, khusus untuk 1.000 konsumen pertama, Chery memberikan harga spesial diskon Rp10 juta yaitu Rp239 juta untuk varian Classic dan Rp269 juta untuk varian Champion. 

Chery juga memberikan jaminan purna jual bagi konsumen seperti tambahan garansi mesin 1 juta Km atau 10 tahun, garansi kendaraan 6 tahun atau 150 ribu Km, garansi biaya jasa perawatan selama 4 tahun atau 60 ribu kilometer, hingga garansi harga jual kembali sebesar 70 persen dari nilai pembelian pertama.

Melihat kelengkapan fiturnya, kalian bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Tiggo 5X Classic termasuk punya value for money yang oke karena kelengkapan fitur dan spesifikasi yang keren, diantaranya yaitu mesin 1.500 cc yang mengungguli model lain seperti Honda Brio RS hingga Daihatsu Rocky sekalipun.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang