Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Selama 45 Tahun, Mobil Ini Laku Satu Unit Tiap 41 Detik

Berita Otomotif

Selama 45 Tahun, Mobil Ini Laku Satu Unit Tiap 41 Detik

WOLFSBURG - Volkswagen (VW) Golf memang tak populer di Indonesia. Tapi, siapa sangka mobil ini sangat laku di pasar global hingga ada satu unit yang terjual dalam waktu lebih dari semenit.

VW, menurut Carscoops pada awal pekan ini, sedang merayakan 45 tahun produksi Golf. Selama itu, sudah lebih dari 35 juta unit terjual di seluruh dunia, menjadikannya model terlaris dari pabrikan otomotif yang bermarkas di Wolfsburg ini.

Mereka bahkan mengklaim bahwa secara rata-rata, satu unit Golf terjual setiap 41 detik tanpa interupsi sama sekali sepanjang 45 tahun. Hatchback ini pun disebut-sebut sebagai ‘jantung’ dari merek VW.

“Model tersebut menunjukkan perkembangan dan teknologi yang berbeda dari mobil-mobil lain. Sebagai contoh, Golf adalah mobil yang membuat teknologi keselamatan menjadi terjangkau bagi jutaan orang untuk pertama kalinya. Berkat itu semua, kendaraan tersebut lekat dengan banyak generasi,” ucap Ralf Brandstatter, Chief Operating Officer VW.

Perakitannya sendiri dimulai pertama kali pada 29 Maret 1974 di pabrik VW Wolfsburg. Generasi pertama, Golf MK1, didesain sebagai pengganti dari VW Beetle.

Pada 8 Juli tahun yang sama, Golf MK1 hadir di dealer-dealer VW. Respons pasar ketika itu sangat hebat sehingga hanya dalam dua tahun, tepatnya Oktober 1976, sudah ada sejuta unit yang terjual.

“Selama tujuh generasi, Golf telah membuat kontribusi bagi perkembangan VW sebagai merek dan sebagai grup hingga kami menjadi salah satu produsen otomotif paling penting di dunia saat ini,” tambah Brandstatter.

Golf pertama hadir dalam varian dua serta empat pintu dan berkapasitas lima penumpang dengan kursi belakang yang bisa dilipat. Ada dua opsi mesin yang ditawarkan yakni 1.1-liter empat silinder berdaya 49 hp atau 1.5-liter empat silinder bertenaga 69 hp.

Mesin-mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual empat percepatan atau otomatis tiga percepatan.

Pada tahun ini, VW bakal merilis generasi kedelapan dari Golf. Kabarnya, peluncurannya terjadi tak lama setelah Frankfurt Motor Show pada September mendatang.

Teknologi-teknologi anyar yang dibenamkan adalah kokpit digital maupun sistem pengemudian semi-otonom. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang