Kenali Ciri-ciri Oli Mesin Mobil Harus Diganti

Panduan Pembeli

Kenali Ciri-ciri Oli Mesin Mobil Harus Diganti

JAKARTA – Oli mesin mobil harus diganti secara rutin, tidak melulu berpatokan pada jumlah kilometer maupun usia pakainya.

Ada beberapa situasi di mana oli harus diganti tanpa harus menunggu waktu maupun jumlah kilometer. Biasanya tergantung dari beratnya kerja mesin kendaraan, gaya mengemudi serta medan jalan yang dihadapi.

Sebuah mobil yang lebih sering menghadapi jalur menantang atau bahkan offroad tentu harus mendapatkan perawatan ekstra agar mobil dapat bekerja maksimal. Salah satunya adalah dengan mengganti oli mesin lebih awal.

Lantas, apa saja ciri-ciri oli mesin mobil harus segera diganti? Sebenarnya ada beberapa tanda-tanda di mana oli harus diganti. Namun umumnya hal ini lebih mudah dirasakan oleh pengemudi mobil itu sendiri.

Ganti oli

Salah satu ciri paling mudah diketahui, adanya suara kasar saat menyalakan mesin mobil pertama kali. Hal ini disebabkan karena kandungan oli sudah mulai terkontaminasi oleh kotoran dari ruang bakar.

Perlu diketahui bahwa suara tersebut muncul dikarenakan oli tidak dapat lagi meredam suara gesekan.

Selain itu, warna oli juga berubah menjadi hitam pekat. Pemeriksaan ini bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan dip stick pada mesin kendaraan. Oli yang baik seharusnya berwarna kunig transparan.

Kerusakan oli juga akan menyebabkan indikator oli di panel instrumen menyala. Kondisi ini biasanya hanya terjadi ketika mesin mengalami kerusakan atau oli sudah dinilai terlalu kotor, sehingga berpotensi merusak komponen lain.

Ciri lain adalah akselerasi terasa lebih berat dan getaran pada mesin lebih tinggi bila dibandingkan dengan biasanya. Kondisi ini tentu akan sangat mudah dirasakan oleh pengemudi, karena saat berkendara kesulitan mencapai kecepatan yang diinginkan.

Ciri yang juga sangat mudah untuk diketahui, adanya asap berwarna gelap yang keluar dari knalpot mobil. Bila kondisi oli atau mesin sehat maka seharusnya asap yang keluar putih bening cenderung transparan.

Bila warnanya sudah berubah maka ada kemungkinan oli dari dalam mesin menguap dan masuk ke dalam ruang bakar. Kondisi ini akan menyebabkan oli ikut terbakar sehingga menguap dan asap kendaraan menjadi berwarna pekat. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar