Selain Jadi Canggih, All New Honda BR-V juga Tambah Besar dan Lega

Berita Otomotif

Selain Jadi Canggih, All New Honda BR-V juga Tambah Besar dan Lega

JAKARTA – ‘Senjata’ All New Honda BR-V bukan hanya fitur-fitur baru yang canggih. Dimensi dan ruang kabinnya pun kini lebih besar, dengan ground clearance juga makin tinggi.

Ini diketahui dari lembar fakta yang Mobil123.com dapatkan dalam sesi review All New BR-V, Kamis (23/9/2021) sore hingga malam kemarin. Ternyata, panjang sport utility vehicle (SUV) yang meluncur pada 21 September 2021 ini bertambah 34 mm, sementara lebar dan tingginya masing-masing bertambah 45 mm dan 19 mm.

Dengan demikian, dimensinya (P x L x T) menjadi 4.490 mm, 1.780 mm, dan 1.685 mm.

Jarak sumbu roda alias wheelbase diperpanjang 38 mm, menjadi 2.700 mm. Adapun ground clearance ditambahkan 19 mm, menjadi 220 mm.

Semua itu menjadikan ruang kaki (leg room) maupun ruang kepala (head room) pengemudi maupun penumpang di semua baris kabin lebih terakomodasi lagi. Bahkan, saat Mobil123.com yang berpostur tinggi 171 cm mencoba duduk di baris ketiga, leg room tidak mentok seperti mobil-mobil kebanyakan.

interior dan dasbor All New Honda BR-V 2021

Bagasi All New BR-V, menurut klaim Honda, menjadi yang terbesar di segmennya pula. Dalam kondisi semua kursi dalam posisi tegak, kapasitasnya mencapai 244 liter.

Ini melengkapi fitur-fitur baru canggih yang bahkan sebagian bahkan diklaim sebagai yang pertama di segmen low SUV (LSUV) tujuh penumpang.

Fitur-fitur yang dimaksud ialah Remote Entry System, Walk Away Auto Lock, dan Honda LaneWatch. Ada juga Honda Sensing sebagai teknologi bantuan keselamatan aktif yang terdiri dari Lead Car Notification Departure System, Lane Keeping Assist System, Collision Mitigation Brake System, Auto High Beam, Road Departure Mitigation System, dan Adaptive Cruise Control.

Mesin bensin 1.5-liternya kini DOHC dengan daya 119 hp serta torsi 145 Nm. Transmisinya antara manual enam percepatan atau otomatis CVT.

mesin 1.500 cc All New Honda BR-V 2021

Meski pemesanan resminya sudah dibuka sejak peluncuran, produksi All New BR-V baru dilakukan pada akhir 2021. Lalu, distribusi kepada konsumen baru berlangsung mulai Januari 2022.

Para pemesan model itu pada 2021 tidak akan terkena kenaikan harga yang bakal Honda lakukan pada permulaan tahun depan.

Bicara banderol, estimasi harga BR-V generasi kedua dimulai dari Rp260 juta-an. Nantinya, bakal ada lima tipe yang dijual. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar