Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sekilas Tentang Transmisi DCT dari Honda

Berita Otomotif

Sekilas Tentang Transmisi DCT dari Honda

JAKARTA - Honda menggunakan teknologi Dual Clutch Transmission atau DCT di sektor transmisi pada dua motor besarnya yakni Honda NM4 Vultus dan Honda Twin Africa. Sebenarnya, seperti apakah teknologi ini?

Seperti diketahui, salah satu keunggulan Honda NM4 Vultus dan Honda Twin Africa 2016 adalah pemakaian teknologi Dual Clutch Transmission atau DCT di sektor transmisi. 

Salah satu perbedaan mencolok sekaligus keunggulannya yaitu tidak ada lagi tuas kopling sama sekali. Jadi, pergeseran gir diatur otomatis dilakukan oleh komputer. 

Cukup tekan tombol D(rive) pas mengendarai Twin Africa maka teknologi ini otomatis membuat akselerasi motor jadi lebih kencang. Saat itu countershaft gigi ganjil bakal terhubung dengan gir rasio 1 dan countershaft lainnya di gir 2. Selanjutnya motor yang akan mengatur kopling.

Tapi kalau ingin merasakan sensasi mengendarai dengan metode standar, hanya tinggal mematikan fitur ini. Jadi, pengendara bisa mengganti gir pakai tombol di handlebar atau kaki dan tetap tanpa harus menarik tali kopling.

Jadi, di stang kemudi ada tombol (+) untuk upshift dan tombol (-) untuk downshift. Saat menekan +, pengendara menambah gigi perseneling, dan begitu pula sebaliknya. [Syu/Idr]

 

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang