Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sejarah! Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Rakitan Indonesia Mulai Diekspor

Berita Otomotif

Sejarah! Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Rakitan Indonesia Mulai Diekspor

JAKARTA – Toyota Kijang Innova Zenix bensin dan hybrid rakitan Indonesia mulai dikapalkan secara utuh (completely built up/CBU) ke luar negeri. Sejarah baru pun tercipta.

Seremoni ekspor perdana Kijang Innova Zenix berlangsung pada Selasa (21/2/2023) di Karawang, Jawa Barat.

Ini adalah pertama kalinya Toyota mengekspor teknologi mobil listrik (electrified vehicle) dari Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Zenix menjalani debut global di Tanah Air pada November 2022. Multi purpose vehicle (MPV) legendaris tersebut menjadi mobil berteknologi elektrifikasi rakitan lokal pertama Toyota di negeri ini.

Toyota Kijang Innova Zenix

“Ekspor perdana Kijang Innova Zenix ini tidak mungkin tercapai tanpa dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia, kemitraan yang kuat dari seluruh rantai pasok kami termasuk industri kecil dan menengah (IKM), dan dukungan masyarakat,” kata Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, seperti dikutip dari keterangan resmi.

“Semoga kami dapat berkontribusi lebih besar lagi agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan daya saing global untuk memenuhi perkembangan industri otomotif Indonesia dan global,” sambung dia.

Kijang Innova Zenix bakal diekspor ke region Asia, Afrika, Amerika Latin, juga Timur Tengah. Hingga akhir 2023, Toyota memproyeksikan pengapalan 8.000 unit.

Sebagian besarnya masih bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE), tepatnya 70 persen. Sebanyak 30 persen sisanya adalah yang hybrid.

“Ekspor perdana kendaraan elektrifikasi Kijang Innova Zenix hybrid ini, merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia untuk turut serta dalam mencapai target pemerintah yaitu dekarbonisasi. Ekspor mobil utuh ini juga tentunya termasuk baterai elektrifikasi yang dirakit lokal di pabrik kami di Karawang,” tambah Warih.

ekspor Toyota Kijang Innova Zenix

Kebetulan, Kijang sendiri merupakan model pertama yang Toyota ekspor utuh dari Indonesia, pada 1987 silam. Ketika itu, Kijang generasi ketiga dikirimkan ke negara tetangga Brunei Darussalam.

Volume ekspornya meningkat pesat sejak 2004, ketika Kijang masuk program Global IMV (Innovative International Multipurpose Vehicle).

Kini, Toyota telah mengekspor beragam model ke lebih dari 80 negara.

“Ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid juga memperkuat posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor global Toyota di kawasan Asia-Pasifik. Kami akan terus meningkatkan kualitas produk-produk kami ke depannya agar semakin diterima oleh konsumen Indonesia dan mancanegara,” tutup Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs TMMIN Bob Azam. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang