Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4 X-Over, Pernah Jadi Andalan di Segmen Crossover

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4 X-Over, Pernah Jadi Andalan di Segmen Crossover

Mencari kelebihan dan kekurangan Suzuki SX4 X-Over menjadi kepuasan tersendiri terutama bagi mereka yang tengah mencari versi bekasnya.

Suzuki SX4 X-Over di Indonesia pertama kali hadir pada 2007 dan penjualannya dihentikan pada 2012.

Selama lima tahun perjalanannya, Suzuki SX4 X-Over berhasil menjadi salah satu kiblat dari mobil-mobil crossover di Indonesia. Tentunya ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi Suzuki di Tanah Air.

Suzuki SX4 X-Over memiliki sejarah baik di kancah industri otomotif dunia. Salah satunya ditunjukkan dengan keterlibatan mobil tersebut dalam ajang World Rally Champhionship 2007 mendampingi Suzuki Swift.

Sejarah Suzuki SX4 X-Over di Indonesia

Suzuki SX4 X-Over

Suzuki SX4 X-Over masuk Indonesia 2007 diimpor langsung oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) dari kampung halamannya, Jepang. Mobil tersebut cukup mendapat perhatian karena desainnya yang menarik dan sangat sporty di era nya.

Kala itu SIS hanya menyediakan satu varian saja untuk mobil ini. Padahal di pasar luar Indonesia SX4-X-Over punya beberapa pilihan varian dan mesin.

SX4 X-Over yang dipasarkan di dalam negeri menggunakan mesin berkode M15A. Mesin tersebut berkapasitas 1.500cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp dan torsi puncak 133 Nm.

Suzuki yakin bahwa pilihan mesin tersebut sudah cukup untuk melepas dahaga masyarakat Indonesia yang ingin mobil berkualitas, walaupun ada juga SX4 X-Over dengan mesin diesel 1.3 liter dan bensin 2.0 liter.

Tak hanya mesin, SIS juga tidak membawa serta pilihan penggerak roda. Pilihan yang ditawarkan pada masyarakat hanya varian berpenggerak roda depan padahal di negara lain ada pilihan AWD.

Meski demikian, Suzuki tetap mempertahankan beberapa fitur-ftur canggih yang ketika itu belum banyak ditemui di moblil lain. Fitur tersebut adalah control steering switch, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta dual SRS airbag.

Desain dari Suzuki SX4 sendiri juga terbilang cukup menarik. Selain sporty dan terkesan dinamis, mobil ini juga sudah menggunakan velg berukuran 16 inci yang memiliki desain tak kalah atraktif di zamannya.

Masuk ke dalam kabin, kesan sporty begitu terasa di sini. Bahkan untuk memberikan kenyamanan lebih, Suzuki telah membenamkan sistem audio yang apik melalui 4 speaker dan 4 tweeter.

Suzuki SX4 X-Over

Hasil positif yang diraih oleh Suzuki SX4 X-Over rupanya membuat SIS semakin bersemangat untuk menjual mobil tersebut. Sebuah keputusan besar pun dibuat pada 2008 atau satu tahun setelah kehadiran perdana SX4 X-Over ke Indonesia.

Suzuki memutuskan untuk memproduksinya secara lokal di pabrik mereka yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

Hal tersebut memang tebilang wajar karena sebenarnya Indonesia hanya kebagian jatah beberapa ratus unit Suzuki SX4 X-Cross pada 2007. Padahal peminat Suzuki SX4 X-Over bisa dua kali lipat dari jatah tersebut. Akibatnya, banyak pelanggan yang harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan kendaraan.

Dengan diproduksinya Suzuki SX4 X-Over tentunya memberikan kemudahan dalam menentukan kapasitas produksi. Termasuk juga penambahan varian agar semakin sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Ini dibuktikan dengan hadirnya dua varian baru pada 2008, yaitu X-Over dan X-Road.

Suzuki SX4 X-Road hadir sebagai mobil yang lebih cocok untuk digunakan dalam kota. Tidak heran bila ada beberapa fitur yang dihilangkan seperti MID, rem belakang masih tromol, tidak ada roof rail dan hanya menggunakan roda berukuran 16 inci.

Sementara Suzuki SX4 X-Over justru sebaliknya. Mobil ini tetap terasa gagah di medan offroad ringan dan sporty di jalanan perkotaan. Mobil ini menggunakan roda berukuran 16 inci, disc brake di roda belakang dan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan serta manual 5 percepatan.

Suzuki SX4 X-Over

Nama baik Suzuki SX4 X-Over masih dipertahankan, hingga pada akhirnya SIS meluncurkan versi facelift pada 2010. Ubahan yang dilakukan cukup banyak, mulai dari velg desain baru, grille lebih apik dan penggunaan headlamp HID projector.

Sementara pada bagian kabin, Suzuki melakukan pembaruan pada sistem audionya.

Namun sayang, di tahun yang sama Suzuki memnutuskan untuk menghentikan pemasaran SX4 X-Road karena kurang peminatnya. Praktis, Suzuki hanya mengandalkan SX4 X-Over di segmen crossover.

Perjalanan Suzuki SX4 X-Over sebenarnya mulai melambat setelah 2010, tapi Suzuki masih tetap optimis terhadap mobil ini.

Dengan rasa percaya diri pabrikan berlogo 'S' itu meluncurkan Suzuki SX4 X-Over RC1 pada 2012. Mobil ini memiliki fitur dan tampilan lebih modern.

Pada model terbarunya, Suzuki menambahkan beberapa aksesori seperti spoiler, twin muffler serta velg berukuran 17 inci.

Suzuki juga menyematkan LED Projector sebagai lampu utamanya untuk menunjang kesan mewah pada kendaraan.

Sayangnya, ubahan-ubahan tersebut tidak begitu membawa angin segar bagi Suzuki.

Kelebihan Suzuki SX4 X-Over

Suzuki SX4 X-Over

Meski sudah tidak lagi dipasarkan, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan dari Suzuki SX4 X-Over sebagai acuan bagi Anda yang ingin meminangnya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari mobil tersebut.

  • Desain Dinamis

Boleh dikatakan tidak banyak pilihan mobil berdesain sporty di tahun tersebut, sehingga Suzuki SX4 X-Over yang duduk di kelas crossover mendapat respons positif.

Mobil ini memang terbilang sangat gagah, tapi tidak menghilangkan kelincahannya.

  • Teruji Ketangguhannya

Kehadiran Suzuki SX4 X-Over tidak bisa dipungkiri berhasil membuat masyarakat yakin terhadap kualitas dari mobil tersebut. Maka wajar bila pelanggan berharap bahwa mobil tersebut memiliki daya tahan yang tangguh.

  • Ground Clearence Suzuki SX4 X-Over Tinggi

Patut diketahui bahwa, Suzuki SX4 X-Cross memiliki ground clearence mencapai 175 mm. Angka tersebut terbilang sangat tinggi untuk ukuran mobil sekelasnya, sehingga menjaga agar mobil tidak mentok saat harus menempuh perjalanan dengan medan kurang baik.

Kekurangan Suzuki SX4 X-Over

Di mana ada kelebihan, tentu ada saja kekurangan yang mendampinginya, tak terkecuali pada Suzuki SX4 X-Cross.

Berdasarkan pengamatan kami, ada beberapa kekurangan Suzuki SX4 X-Over yang patut menjadi pertimbangan.

  • Konsumsi BBM Terbilang Boros

Salah satu kekurangan SX4 X-Over yang paling banyak dikeluhkan adalah mengenai konsumsi bahan bakarnya.

Untuk mobil dengan kapasitas mesin 1.500cc, Suzuki SX4 X-Over terasa cukup boros saat digunakan bila dibandingkan dengan kendaraan sekelasya.

  • Perfoma Kurang Maksimal

Meski sudah menjadi salah satu mobil yang digunakan di ajang balap, perfoma Suzuki SX4 X-Over rupanya masih dirasa kurang optimal. Ini tentu mengecewakan terlebih konsumsi BBM yang terbilang boros. Padahal mesin mobil sejatinya cukup tangguh untuk memuaskan pecinta otomotif di Tanah Air.

Semua kelebihan dan kekurangan Suzuki SX4 X-Over tersebut bisa menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian kendaraan. Namun, tentunya semua akan kembali kepada kebutuhan, keinginan dan selera mobilitas penggunanya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar