Sejarah 75 Tahun Inggris Ubah Pabrik VW Wolfsburg dari Produksi Senjata ke Mobil

Berita Otomotif

Sejarah 75 Tahun Inggris Ubah Pabrik VW Wolfsburg dari Produksi Senjata ke Mobil

WOLFSBURG - Peran Inggris dalam mengubah pabrik VW di Wolfsburg setelah Sekutu mengalahkan Jerman di Perang Dunia ke 2, semula produksi senjata beralih menjadi mobil, sejarah panjang VW Beetle kemudian terukir dari sini.

Inggris pasca Perang Dunia ke 2 memegang kendali penuh Jerman yang kalah perang. Dan Pemerintah Militer Inggris secara langsung menguasai faslitas pabrik di Wolfsburg yang merupakan salah satu tempat produksi senjata terbesar Jerman selama masa perang.

Selanjut Pemerintah Militer Inggris menempatkan Mayor Ivan Hirst yang merupakan seorang perwira juga insinyur Angkatan Darat Inggris dipercaya memimpin pabrik Wolfsburg. Ia kemudian berperan penting dalam menghidupkan kembali mobil kebanggaan rakyat Jerman VW Beetle yang sempat tak tersentuh di masa perang.

VW Beetle yang ikonik ini sendiri mulai diproduksi pada 1938 dan didesain oleh Ferdinand Porsche, seorang insinyur otomotif founder dari Porsche. Namun karena Jerman saat itu mulai menabuh bendera Perang Dunia ke 2 di bawah komando Adolf Hitler, produksi VW Beetle jadi tidak maksimal.

Sejarah, Inggris Ubah Pabrik VW Wolfsburg dari Produksi Senjata ke Mobil 75 Tahun Lalu 

Ivan Hirst selanjutnya membuat VW Beetle masuk ke jalur produksi yang benar. Dan kemudian menjadikan VW Beetle model Tipe 1 diproduksi secara massal pada 27 Desember 1945 atau 1 bulan setelah Works Council atau Dewan Pekerja dibentuk dari pemungutan suara secara demokratis.

Dalam catatan, 4 bulan setelahnya, VW Beetle Tipe 1 mendapat pesanan cukup besar langsung dari Pemerintah Militer Inggris. Jumlahnya mencapai sekitar 20 ribu unit.

Awal produksi ini juga disebut sebagai era baru yang penuh harapan di Eropa khususnya Jerman pasca Perang Dunia ke 2. Dan tentu kondisi saat itu penuh dengan tantangan karena semua kebutuhan produksi amat sangat terbatas, boleh dibilang banyak fasilitas penunjang hancur lebur setelah perang.

Sejarah, Inggris Ubah Pabrik VW Wolfsburg dari Produksi Senjata ke Mobil 75 Tahun Lalu
Masalah paling besar mulai dari kesulitan bahan baku atau material untuk memproduksi VW Beetle. Lainnya juga termasuk masalah paling dasar seperti penyediaan makanan dan tempat tinggal bagi para pekerja pabrik.

Namun demikian di tengah keterbatasan, dalam beberapa hari atau di akhir 1945, 55 unit VW Beetle Tipe 1 sudah bisa diproduksi. Dan kemudian produksi naik tinggi pada tahun berikutnya menjadi 1.000 unit per bulan. Jumlah produksi ini disebut sudah mencapai kapasitas maksimal karena masih terbatasnya bahan baku dan juga pekerja.

Secara bertahap perkembangan produksi dan bisnis mulai tumbuh dan meraih hal sangat positif. Pabrikan mulai mendirikan sistem penjualan dan layanan purna jual bahkan pada 1947 mobil produksi pabrik Wolfsburg sudah mulai diekspor.

Sejarah, Inggris Ubah Pabrik VW Wolfsburg dari Produksi Senjata ke Mobil 75 Tahun Lalu
Setelahnya, sudah bisa ditebak, Beetle kemudian menjadi ikon otomotif tidak hanya di Jerman melainkan di dunia. Banyak orang yang menjadikannya sebagai mobil impian dan juga sebagai simbol gaya hidup hingga tentu dengan mengoleksinya.  

Beragam rekor kemudian kerap dicetak oleh Beetle yang kerap memecahkan rekor. Salah satunya tercatat 21.529.464 unit Beetle dari generasi ke generasi telah diproduksi hingga produksi berakhir pada 2019, penyebabnya konon terimbas rencana VW untuk melakukan transisi dari mobil konvensional ke listrik. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar