Biaya Ganti Plat Nomor Mobil, Urus Sendiri Mudah Juga, Kok!

Panduan Pembeli

Biaya Ganti Plat Nomor Mobil, Urus Sendiri Mudah Juga, Kok!

Biaya ganti plat nomor mobil kerap dilupakan oleh pemilik kendaraan karena jangka waktu yang ditetapkan setiap lima tahun sekali. Berbeda dengan keharusan membayar pajak STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang membutuhkan waktu satu tahun.

Urusan pajak kendaraan, pemilik mobil dapat mengurusnya melalui biro jasa ataupun menyambangi langsung Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap). Adapun setiap daerah masing-masing sudah memiliki Samsat masing-masing, sehingga akan lebih mudah mengurusnya.

Sekadar mengingatkan, kewajiban pemilik kendaraan adalah melunasi pembayaran pajak tahunan untuk STNK yang bisa dilakukan pada Samsat Online maupun Samsat Keliling. Lalu ada pajak lima tahunan yang prosesnya sedikit lebih ribet karena terdapat beberapa dokumen yang harus diurus.

Tahapannya adalah cek fisik kendaraan sebagai awalannya, lalu melakukan penggantian STNK dan pada akhirnya mendapatkan plat nomor mobil yang baru secara fisik. Plat nomor atau istilah resminya TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) akan selamanya melekat pada mobil, kecuali Anda meminta nomor plat khusus yang tentunya ada biaya lebih.

Saat melakukan proses pembaruan plat nomor mobil, terdapat perbedaan dengan sebelumnya. Karena setiap plat nomor terdapat angka-angka di bagian bawah yang menunjukkan masa aktifnya.
biaya ganti plat nomor mobil

Salah satu contohnya adalah 05.25 yang berarti waktu untuk melakukan penggantian plat sebelum Mei 2025. Jika plat nomor tidak diperbaharui, jangan heran jika Anda akan diberhentikan oleh petugas d jalan.

Proses penggantian plat nomor mobil memang cukup memakan waktu karena terdapat beberapa langkah seperti disebutkan di atas. Sebaiknya luangkan waktu seharian, untuk mengurusnya sendirian.

Anda akan dipandu oleh para petugas setempat, sehingga prosesnya bisa tidak terlalu sulit. Namun yang tidak bisa dihindari adalah banyaknya pemilik kendaraan yang juga ingin melakukan hal serupa. Ini membuat Anda harus ekstra sabar dalam melewati setiap prosesnya.

Jika tidak memiliki waktu seharian untuk mengurus kewajiban sebagai pemilik kendaraan tersebut di atas, maka Anda bisa memanfaatkan perusahaan jasa. Untuk ini, siapkan dana lebih besar karena pasti lebih mahal daripada mengurus sendiri.

Lokasi untuk mengurus STNK dan plat pada umumnya berbeda. Penggantian plat hanya bisa dilakukan di tempat diterbitkannya surat kendaraan. Anda tidak bisa melakukan kewajiban membayar pajak lima tahunan di Samsat keliling.

Jika kebetulan Anda berada di luar kota, mungkin cara terbaik adalah dengan memanfaatkan perusahaan jasa yang banyak tersebar di berbagai daerah. Ini dilakukan agar terhindar dari biaya denda jika sampai terlewat batas waktunya.

Persiapan dan Syarat Penggantian Plat Mobil

Sebelum berangkat ke kantor Samsat induk, ada baiknya pemilik kendaraan melakukan persiapan dengan baik. Guna mencegah kerepotan saat berada di kantor Samsat dan akhirnya membuang banyak waktu.

Mirip dengan saat melakukan pembayaran pajak tahunan, syarat utama dalam melakukan penggantian plat mobil adalah menyiapkan beberapa dokumen. Adapun dokumen yang mesti dibawa antara lain,

  • KTP asli dan fotokopi pemilik mobil
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi

Untuk KTP (Kartu Tanda Pengenal), Anda diharapkan membawa kartu identitas sang pemilik mobil. Artinya nama yang tertera di surat-surat kendaraan haruslah sama. Jika kendaraan atas nama istri atau orang tua, maka KTP yang bersangkutan juga harus diikutsertakan.

Lain lagi kasusnya jika mobil yang Anda gunakan merupakan mobil bekas atau tangan kedua maupun seterusnya. Dalam hal ini, Anda harus meminjam identitas dari nama yang tertera dari surat-surat kendaraan tersebut.

Sama halnya jika Anda berniat untuk melakukan proses balik nama, KTP sang pemilik lama tetap dibawa untuk berjaga-jaga saat dibutuhkan.

Masalah kemudian akan hadir ketika kendaraan yang Anda gunakan masih ada cicilan. Hal ini akan sedikit menyulitkan prosesnya, karena Anda harus menghubungi leasing terkait untuk meminta surat kuasa atau fotokopi BPKB. Proses ini akan lebih mudah apabila pembayaran cicilan selama ini lancar.
biaya ganti plat mobil

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membawa langsung kendaraan yang dimaksud. Jika menggunakan perusahaan biro jasa, biasanya mereka telah memiliki kertas untuk cek fisik atau istilahnya esek-esek.

Ini akan semakin memudahkan proses penggantian plat, karena Anda cukup tenang di rumah sampai prosesnya selesai. Menggunakan biro jasa sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang super sibuk namun rela mengeluarkan dana lebih besar dari biasanya.

Untuk diketahui bahwa proses cek fisik, bisa juga dilakukan di kota lain. Contoh kasus adalah mobil yang akan melakukan penggantian plat digunakan anak untuk keperluan kuliah di luar kota.

Mobil hanya perlu menyambangi Samsat kota setempat untuk kemudian melakukan cek fisik. Lalu berkas dari cek fisik dikirim ke kota asal untuk menjalani proses selanjutnya. Proses ini dikenal dengan bantuan cek fisik.

Biaya Ganti Plat Nomor Mobil

Persiapan ganti nomor plat mobil selanjutnya setelah dokumen-dokumen resmi adalah biaya. Ini sama pentingnya karena akan masuk sebagai pendapatan negara di setiap daerahnya.

Sebagai catatan, biaya ganti plat nomor mobil yang lima tahunan, tentunya akan lebih mahal daripada tahunan. Selain membayar biaya yang tertera di bagian belakang STNK, Anda juga wajib mengeluarkan biaya untuk cek fisik dan pembuatan plat itu sendiri.

Rincian biaya tersebut adalah sebagai berikut :

  • Biaya penerbitan STNK Rp 200.000 (mobil)
  • Biaya TNKB baru Rp 100.000 (mobil)
  • Biaya cek fisik Rp 50.000 (mobil)

Biaya di atas akan lebih besar jika Anda menggunakan calo yang terdapat di kantor Samsat. Sama halnya jika Anda menggunakan biro jasa, namun besarannya lebih manusiawi pada umumnya.

Prosedur Ganti Plat Nomor Mobil

Saat datang ke kantor Samsat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cek fisik. Untuk warga Tangerang Selatan yang ingin melakukan cek fisik di Samsat Ciputat, lokasinya berada di parkiran belakang. Sehingga Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke sana.

Lalu Anda akan diberikan formulir dan stiker pendukungnya. Biasanya ada petugas yang akan membantu proses ini sehingga Anda tinggal menunggu waktu dipanggil.

Lokasi nomor rangka dan mesin setiap kendaraan sendiri pastinya petugas sudah cukup hafal. Kecuali mobil yang Anda gunakan merupakan unit langka atau impor. Namun pada umumnya nomor rangka akan tertera di bagian paling depan dekat radiator atau di dinding belakang yang membatasi dengan kabin.
Segini biaya ganti plat

Untuk nomor mesin biasanya berada di bagian paling bawah, dekat header. Untuk proses yang satu ini, petugas akan meminta kendaraan untuk dimatikan mesinnya beberapa menit agar tidak terlalu panas.

Langkah selanjutnya adalah menuju loket pendaftaran yang umumnya lebih dari satu. Mereka juga memiliki pusat informasi sehingga Anda tidak akan kebingungan apalagi tersesat.

Kemudian Anda hanya menyerahkan berkas yang telah dijalani sebelumnya dan menunggu panggilan selanjutnya. Anda akan dipanggil untuk melunasi seluruh pembayaran yang ditagihkan dan kembali menunggu di kursi yang tersedia di sana.

Akhirnya setelah plat nomor selesai diproduksi, Anda akan dipanggil lalu mengambil seluruh berkas berikut plat nomor mobil yang baru. Satu catatan yang paling penting adalah memperhatikan busana yang dikenakan.

Jangan menggunakan sendal dan celana pendek saat pergi ke Samsat, karena Anda bisa dilarang untuk masuk ke dalam kantor Samsat. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar