Segera Naik, Ini Tarif Baru di 3 Ruas Tol Trans Jawa

Berita Otomotif

Segera Naik, Ini Tarif Baru di 3 Ruas Tol Trans Jawa

SEMARANG – Sejumlah ruas tol di Trans Jawa akan segera dilakukan penyesuaian meski masih dalam suasana pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebelumnya diberitakan bahwa akan ada tujuh ruas tol yang akan melakukan penyesuaian tarif. Namun dari ketujuh ruas tol tersebut, ada tiga yang belum mengumumkan tarif baru mereka. Belakangan, Jasa Marga melalui akun instagram @official.jasamargatransjawatol mengumunkan tarif baru dari ketiga ruas tol tersebut.

Ketiga tarif tol yang akan disesuaikan tarifnya adalah Jalan Tol Surabaya-Gempol,  Jalan Tol Palimanan-Kanci dan Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C. Tarif tol tersebut pun beragam kenaikannya, tergantung dari golongan kendaraan hingga rute perjalanan.

Penyesuaian tarif tol pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1117/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. Kenaikan tarif tersebut pun beragam mulai dari Rp 500.

Tarif Trans Jawa
Untuk kenaikan tarif pada jalan tol Palimanan Kanci menggunakan landasan hukum Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1403/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci. Menariknya, untuk golongan I tarif tol masih tetap sama. Sementara itu untuk golongan II mengalami kenaikan mulai dari Rp 500.

Tarif Trans Jawa
Sedangkan untuk Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C, penyesuaian tarif tol menggunakan landasan hukum Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1228/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C. Dalam penyesuaian tarif tol di ruas ini, semua golongan mendapat kenaikan sebesar Rp 500.

Tarif Trans Jawa
Meski sudah diumumkan, hingga kini belum ada informasi kapan tarif baru tersebut akan diberlakukan. Jasa Marga hanya menyampaikan bahwa penyesuaian tarif tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Jasa Marga pun menyampaikan agar para pengguna jalan tol menyiapkan uang elektronik agar cukup untuk melakukan transaksi di gerbang tol.

Diharapkan dengan adanya kenaikan tarif tol ini bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara para pengguna jalan tol Trans Jawa. Terlebih, belakangan ini terjadi banyak kecelakaan di tol-tol tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar