Lagi Dibahas, Peluang ‘Hidupkan’ Datsun Sebagai Merek Mobil Listrik Murah

Berita Otomotif

Lagi Dibahas, Peluang ‘Hidupkan’ Datsun Sebagai Merek Mobil Listrik Murah

YOKOHAMA - Datsun kini memang kembali ‘mati’. Namun, ada secercah peluang melihat Datsun ‘hidup’ lagi nantinya sebagai merek mobil listrik murah.

Sepak terjang Datsun di pasar otomotif global, menurut Automotive News, resmi berakhir setelah produksinya di pabrik India disetop mulai Maret 2022. Pabrik yang berlokasi di Chennai tersebut terakhir merakit Datsun Redi-Go.

Sebelumnya, dua pabrik lain Datsun di Indonesia maupun Rusia sudah terlebih dahulu ditutup pada 2020.

Akan tetapi, di masa depan nama Datsun berpotensi muncul lagi. Para eksekutif Nissan Motor Corporation, menurut sumber internal perusahaan tersebut, sedang mendebatkan apa yang akan mereka lakukan terhadap merek Datsun.

Salah satu opsi yang muncul adalah menjadikannya merek mobil listrik murah.

Datsun Go, Datsun Go+ Panca

Datsun sendiri merupakan merek legendaris dari Nissan yang lahir pada 1931. Sempat ‘mati suri’ selama sekitar 27 tahun, Datsun dihidupkan kembali pada 2013 sebagai merek mobil murah dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Pasar yang diincar oleh merek ini utamanya adalah negara-negara berkembang. Selain menyasar tiga negara tempat pabriknya berada, Datsun juga dijual antara lain di Afrika Selatan maupun Nepal.

Namun, Datsun kembali ‘disuntik mati’ seiring lengsernya orang yang ‘menghidupkannya’ kembali, Carlos Ghosn, dari posisi CEO Nissan karena dugaan pemalsuan dokumen penghasilan dan penyalahgunaan wewenang.

Nissan kemudian memutuskan fokus pada dua merek inti saja yakni Nissan di pasar kendaraan massal serta Infiniti di sektor mobil premium.

Datsun pun kembali ke dalam ‘kubur’ tanpa pernah menyelesaikan misi penjualan 300 ribu unit setahun yang dicanangkan di awal. Akan tetapi, sejak bangkit dari ‘mati suri’ sampai akhirnya tenggelam kembali, secara total Datsun mampu menjual 470 ribu unit kendaraan.

“Bagi banyak pemiliknya di berbagai belahan dunia, Datsun menyediakan pengalaman berkendara yang berkesan, kepemilikan yang menenangkan dengan harga tepat serta nilai yang hebat,” kata Nissan dalam pernyataan resmi.

“Sebagai bagian dari strategi transformasi global, Nissan memfokuskan diri pada model-model inti serta segmen yang membawa paling banyak benefit bagi para konsumen, partner diler, maupun bisnis,” lanjut Nissan. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar