Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sebelum Mengambil Kredit Mobil DP Ringan, Pastikan Beberapa Hal Ini Dulu

Panduan Pembeli

Sebelum Mengambil Kredit Mobil DP Ringan, Pastikan Beberapa Hal Ini Dulu

JAKARTA - Kredit mobil dengan uang muka (down payment/DP) rendah memang terlihat meringankan konsumen dalam melakukan pembelian. Tapi, ada beberapa hal yang mesti dipikirkan sebelum mengambilnya.

Program promosi penjualan yang sering ditawarkan sangat beragam seperti diskon, tenor panjang, serta hadiah langsung berupa voucher belanja atau voucher bensin bernilai juta-an rupiah. Di luar itu semua, kerap pula dijumpai program promosi penjualan berupa DP rendah.

Maybank Finance selaku partner pembiayaan resmi Chevrolet Indonesia, melalui pernyataan pers dari merek otomotif tersebut baru-baru ini, mengingatkan agar tak cepat terpancing DP ringan. Alasan pertama, menurut Ricky Hertanu sebagai Head of Business Development Maybank Finance, adalah karena uang cicilan bulanannya bisa menjadi lebih besar.

“Ada alasan tersendiri mengapa pihak sales mobil mematok angka DP yang terbilang tinggi dengan jangka waktu kredit sekitar empat sampai lima tahun. Hal tersebut dilakukan agar anda tidak terjebak dalam skema penawaran DP rendah yang memberatkan dalam pembayaran setiap bulannya,” ucapnya.

Amati berapa besar cicilan bulan yang harus Anda bayar dalam tenor yang disediakan. Kemudian, lihatlah berapa besar pendapatan tetap Anda.

Perbandingan penghasilan tetap dengan cicilan yang ditawarkan sangat vital. Ricky menyebutkan rumus umumnya.

“Batas maksimal yang disarankan untuk pembayaran cicilan kredit adalah sepertiga dari keseluruhan penghasilan tetap. Maka, selalu pertimbangkan penawaran kredit yang ada agar anda tidak kesulitan mengatur keuangan yang dibutuhkan untuk memulai proses pembayaran bulanannya,” papar dia.

Di samping itu, perhatikan juga biaya-biaya tambahan di luar pembayaran kredit. Soalnya, berbagai biaya tambahan seperti administrasi, asuransi dan provisi biasa dikenakan di awal pembayaran kredit.

“Agar tidak menyulitkan, pastikan biaya-biaya tambahan tersebut telah diperhitungkan sebelumnya sehingga tidak mengejutkan Anda saat melakukan pembayaran kredit,” tandas Ricky. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang