Sebelum Meluncur di Indonesia, Daihatsu Ungkap Satu Keunggulan SUV Rocky

Berita Otomotif

Sebelum Meluncur di Indonesia, Daihatsu Ungkap Satu Keunggulan SUV Rocky

JAKARTA – Sebelum resmi meluncur di Indonesia, Daihatsu menerangkan keunggulan dari platform DNGA yang digunakan oleh Rocky.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Mobil123.com mengungkapkan bahwa Rocky akan meluncur di Indonesia pada 2021. Tak hanya itu, Rocky juga akan diproduksi lokal oleh pabrik Daihatsu di Tanah Air.

Rocky merupakan ‘saudara’ dari Toyota Raize dan keduanya termasuk dalam 21 model kendaraan yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sejak Maret – Desember 2021. Insentif diberikan bertahap, mulai dari PPnBM 100 persen ditanggung pemerintah—sehingga menjadi 0 persen—pada Maret sampai Mei.

SUV bermesin bensin 1.0-liter turbo dan 1.2-liter ini, menurut keterangan resmi Daihatsu pada Selasa (9/3/2021), adalah salah satu model yang sudah menggunakan platform terbaru bernama Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini dibuat dengan filosofi 1-1-1-1 atau ‘1 gram, 1 milimeter, 1 sen, 1 detik’.

Daihatsu Rocky Meluncur di Indonesia pada 2021

Artinya, pengembangan platform DNGA serta produk – produk yang menggunakannya memperhitungkan hingga titik terdetail seperti ukuran, bobot, harga, plus waktu. Dengan demikian, lahir lah sebuah kendaraan yang efisien.

Model yang dibangun di atas platform DNGA diklaim menghadirkan pengalaman berkendara berbeda. Mesin lebih halus dengan performa maksimal diiringi oleh kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan lebih baik, pun efisiensi bahan bakar lebih tinggi serta lebih ramah lingkungan.

Desain juga menjadi lebih bergaya serta modern dengan harga terjangkau.

Model – model yang berbasiskan platform DNGA, termasuk Rocky, sudah mendapatkan teknologi maupun fitur terkini dari Daihatsu. Dari sisi pabrikan, platform DNGA membuat pengembangan dan perubahan desain dari model tersebut menjadi lebih cepat.

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2021

Daihatsu hingga kini telah meluncurkan tiga model yang memanfaatkan platform DNGA. Selain Rocky, ada pula Tanto (2019) dan All-New Taft (2020).

Hanya Rocky yang sudah dipastikan meluncur di Nusantara.

SUV ini menjalani debut global pada November 2019 dalam ajang Tokyo Motor Show. Rocky sudah mendapatkan rating bintang lima untuk keselamatan dan keamanan dari Japan New Car Assesment Programme (JNCAP). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar