Perpanjang STNK Hanya 2 Menit di Samsat Drive-Thru, Ini Syaratnya

Berita Otomotif

Perpanjang STNK Hanya 2 Menit di Samsat Drive-Thru, Ini Syaratnya

JAKARTA – Bayar pajak kendaraan atau perpanjang STNK dengan memanfaatkan fasilitas Drive-Thru bisa menjadi solusi bagi yang sibuk, butuh waktu hanya 2 menit 30 detik.

Membayar pajak kendaraan bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah Drive Thru. Keunggulan dari fasilitas ini adalah waktu pembayaran yang terbilang sangat cepat bila dibandingkan dengan cara konvensional.

Hal ini kami buktikan sendiri saat melakukan melakukan pembayaran pajak kendaraan roda empat di Samsat Jakarta Timur. Mulai dari menyerahkan berkas hingga selesainya transaksi, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit 30 detik.

Kami masuk ke Samsat sekitar pukul 8.45 WIB. Kondisi di dalam sangat padat karena banyaknya kendaraan yang melakukan cek fisik kendaraan roda empat dan roda dua. Jalan juga terbilang sempit sementara pengendara sepeda motor tetap memaksakan untuk ‘nyempil’ di lajur-lajur sempit. Untuknya banyak petugas Dinas Perhubungan yang membantu dalam mengatur lalu lintas di Samsat Jakarta Timur.

Samsat Drive-Thru, Solusi buat Wajib Pajak yang Sibuk 
Saat masuk ke antrian Drive-Thru untuk kendaraan bermotor pun Kami sempat dikejutkan karena ternyata lajur mobil justru dipenuhi oleh sepeda motor. Saat ditanyakan kepada petugas, hal ini terpaksa dilakukan karena banyaknya atrian kendaraan. Bila wajib pajak sepeda motor dibiarkan seperti biasa maka antrian akan terlalu mengular.

“Tapi kalau mobil tetap akan didahulukan, karena ini memang antrian untuk mobil,” terangnya.

Setelah itu, berkas pun diserahkan kepada petugas. Berkas-berkas tersebut adalah

  • BPKB Asli
  • KTP Asli
  • STNK Asli
  • KTP Asli

Untuk Drive-Thru maka kendaraan harus dibawa dan pemilik kendaraan yang tertera dalam STNK harus ikut hadir (tidak bisa diwakilkan). Wajib pajak juga tidak boleh terlambat untuk mendapatkan fasilitas ini.

Setelah seluruh berkas diperiksa, petugas akan menghitung pajak dan wajib pajak membayarnya secara tunai. Kembalian uang akan diberikan bersamaan dengan pengembalian berkas. Wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan.

Meski pelayanan Drive Thru ini memang cepat, tapi disarankan untuk tetap hadir lebih pagi. Pasalnya, kepadatan di Samsat justru memakan waktu lebih lama. Total waktu yang kami habiskan sekitar 35 menit, secara umum masih tergolong cepat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar