Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Libur Natal dan Tahun Baru, 648 KM Jalan Tol Trans Sumatera Bisa Digunakan

Berita Otomotif

Libur Natal dan Tahun Baru, 648 KM Jalan Tol Trans Sumatera Bisa Digunakan

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan bahwa sedikitnya 648 Km ruas tol Sumatera sudah beroperasi.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sendiri rencananya akan memiliki panjang 2.987 Km dan membentang dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Tol tersebut terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km. Dengan adanya 648 Km yang sudah beroperasi maka diharapkan arus lalu lintas bisa lebih lancar dari sebelumnya.

“Untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera yang secara keseluruhan dalam kondisi mantap,” terang Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR.

Hingga 25 November 2020 sudah beroperasi 9 ruas jalan tol sepanjang 648 km (termasuk ruas yang dikelola PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road), sementara 643 km masih dalam tahap konstruksi dan sisanya dalam tahap persiapan.

Jalan Tol Trans Sumatera
Sembilan ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi :

  • Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140,4 km)
  • Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189,4 km)
  • Kayu Agung – Palembang – Betung (Kayu Agung – Jakabring) 29,3 km
  • Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi (62,1 km)
  • Belawan – Medan – Tanjung Morawa (42,7 km)
  • Palembang – Indralaya (21,5 km)
  • Pekanbaru – Dumai: 131,6 km, Medan – Binjai (13 km)
  • Sigli – Banda Aceh (Seksi 4 Indrapura – Blang Bintang) 13,5 km.

Untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, Jalan Tol Trans Sumatera dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 41 TIP yang terdiri dari 25 TIP A, 8 TIP B, dan 8 TIP C. 12 TIP berada di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, 9 TIP di Ruas Terbanggi – Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, 2 TIP di Ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, 4 TIP di Ruas Palembang – Indralaya, 4 TIP di Ruas Medan – Binjai, dan 10 TIP di Ruas Pekanbaru – Dumai,

Kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas JTTS yakni, mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi. Selain itu disiapkan juga 37 Toilet Cabin, 26 unit Mobil Tangki Air, 10 Bis Toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 Hidran Umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang