Salut, GPS Tracker Ini Pakai Aplikasi Canggih Buatan Anak Bangsa

Berita Otomotif

Salut, GPS Tracker Ini Pakai Aplikasi Canggih Buatan Anak Bangsa

JAKARTA – Di antara ‘serbuan’ aplikasi-aplikasi GPS Tracker dari luar negeri, ada satu yang asli buatan Indonesia.

Makin canggihnya fitur mobil-mobil yang hadir di pasar Indonesia turut membuat GPS Tracker juga semakin dikenal. Perangkat yang banyak tersedia di pasar aftermarket ini sendiri berguna untuk melacak dan melihat lokasi kendaraan secara real-time.

Sayangnya, menurut keterangan resmi PT. Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (STTI) yang diterima Mobil123.com, kebanyakan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) produk-produk GPS Tracker yang ada sekarang masih buatan luar negeri.

Salah satu dampak negatifnya, para pengguna GPS Tracker lokal pun kerap kesulitan melakukan personalisasi sesuai kebutuhan.

Peduli dengan hal tersebut, produk GPS Tracker dari STTI, yakni StartGPS menggunakan aplikasi kreasi anak bangsa.

aplikasi GPS Tracker StartGPS

"Kami membuat aplikasi ini dari awal mulai menentukan arsitektur serta desain aplikasi yang menerapkan teknologi terkini dan tepat guna, juga berdasarkan pengalaman kami di bidang teknologi pelacakan dan tak lupa berbekal riset kebiasaan dan kebutuhan konsumen,” kata CEO STTI Hartono Budiman.

“Konsumen yang lebih advanced dapat melakukan personalisasi atau penyesuaian, sesuai kebutuhan bisnis konsumen,” sambungnya.

Kelebihan dan Fitur-Fitur Aplikasi StartGPS

Hartono mengklaim aplikasi StartGPS punya banyak kelebihan berkat dikembangkan dan dibuat oleh para anak bangsa. Pertama, proses aplikasi yang lebih ‘halus’ dan lancar.

Selain itu, fitur-fiturnya beragam pula.

"Aplikasi StartGPS memiliki banyak fitur seperti pelacakan, monitoring, rekam jejak, reporting park and stop report, trip report, driving behaviour supir, realtime temperature, realtime fuel consumption. Selain pengunaan teknologi terkini dan tepat guna dan merupakan aplikasi pelacakan buatan anak bangsa, perbedaan kami dengan kompetitor adalah kami juga memiliki produk roadmap yang jelas untuk pengembangan aplikasi kedepannya," lanjut Hartono Lagi.

aplikasi GPS Tracker StartGPS

Aplikasi StartGPS juga dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan perusahaan, jika bicara penggunaan untuk fleet. Ini berguna bagi konsumen korporasi.

 "Contoh penyesuaian yang dilakukan, salah satunya fitur yang menyediakan solusi spesifik bagi salah satu konsumen yang memiliki lini bisnis distribusi merek sepeda motor terbesar di Indonesia. Kedepannya fitur ini juga akan dapat dipakai oleh konsumen lain yang membutuhkan," imbuh Business Process Manager STTI Irma Purnamasari.

Terakhir, aplikasi StartGPS juga menerima migrasi dari perangkat GPS Tracker lain. Jadi, konsumen yang tidak puas dengan aplikasi GPS Tracker mereka bisa berpindah.

"Pada Oktober 2021 ini kami sedang menggratiskan kepada calon konsumen yang ingin berpindah aplikasi server ke StartGPS, cukup pakai alat lama, tanpa perlu beli alat GPS Tracker yang baru lagi," tutup Irma. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar