Sah, Frankfurt Motor Show akan Digantikan oleh Munich Motor Show

Berita Otomotif

Sah, Frankfurt Motor Show akan Digantikan oleh Munich Motor Show

MUNICH – Frankfurt Motor Show telah menjadi masa lalu. Pameran otomotif tersohor dunia ini resmi digantikan oleh Munich Motor Show mulai 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, Frankfurt Motor Show 2019 menjadi edisi terakhir dari pameran yang sudah berlangsung hampir 70 tahun ini. Asosiasi otomotif Jerman, Verband der Automobilindustrie (VDA), mengumumkan mulai tahun depan eksebisi yang berlangsung dua tahun sekali itu pindah lokasi ke Munich.

Pameran itu sendiri bernama asli Internationale Automobilausstellung (IAA). Sebutan Frankfurt Motor Show akhirnya lebih dikenal karena kota tempatnya dahulu diselenggarakan dalam waktu yang amat lama.

Lebih lanjut, Munich ada di dalam daftar bersama dua kandidat kuat lain yaitu Hamburg serta Berlin. VDA menjelaskan bahwa alasan mereka memilih Munich adalah lokasi event yang atraktif, infrastruktur transportasi sempurna, juga pengalaman mengorganisasi acara-acara berskala besar.

“IAA akan berevolusi dari platform otomotif ke mobilitas. Untuk melengkapi keberadaan mobil-mobil memukau, penting bagi kota penyelenggaranya untuk berkembang menjadi kota pintar dengan konsep lalu lintas cerdas plus jaringan moda transportasi inovatif—berkelanjutan dan mengacu pada kebutuhan publik,” papar VDA.

Munich dan konsep kota tersebut di masa depan, lanjut mereka, menjadi penawaran terbaik dibandingkan kota-kota lainnya. Kota yang menjadi rumah dari klub sepakbola Bayern Munich ini akan menjadi permulaan dari perubahan konsep IAA.

IAA telah berlangsung di Frankfurt sejak 1951. Namun, kontraknya dengan VDA berakhir pada 2020.

Frankfurt Motor Show 2019 menjadi sorotan setelah dinilai tidak memuaskan. Beberapa merek besar memutuskan tidak ikut serta dan hal ini berakhir dengan penurunan pengunjung sebanyak 30 persen, menjadi 560 ribu orang.

Habisnya kontrak tersebut membuka jalan bagi VDA melakukan perubahan. Tak hanya perubahan lokasi, VDA juga ingin mengubah konsep dari salah satu pameran otomotif terbesar sejagad itu.

Pameran otomotif tradisional dilaporkan sedang berada dalam tekanan saat ini. Semakin banyak pabrikan kendaraan yang memikirkan apakah biaya besar untuk menjadi eksibitor pameran demi mempertunjukkan produk teranyar mereka akan diiringi timbal balik yang sesuai, baik secara eksposur maupun komersial. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar