Beijing Motor Show 2020 Akhirnya Menyerah, Ditunda Karena Virus Corona

Berita Otomotif

Beijing Motor Show 2020 Akhirnya Menyerah, Ditunda Karena Virus Corona

JAKARTA – Beijing Motor Show bernasib sama dengan Grand Prix Formula One (F1) China. Keduanya sama-sama ditunda gara-gara wabah virus Corona.

Sejak pekan lalu, muncul kabar bahwa Beijing Motor Show 2020 kemungkinan ditunda karena virus yang muncul sejak akhir 2019 tersebut. Informasi didapat dari seorang sumber anonim yang mengetahui permasalahan ini.

Sekarang, seperti dikutip dari Automotive News pada awal pekan ini, penyelenggara pameran otomotif tersebut akhirnya mengumumkan penundaan. Beijing Motor Show 2020 tidak akan lagi digelar sesuai jadwal semula yaitu pada 21 – 30 April.

Pertimbangannya tak hanya karena wabah virus Corona masih terjadi, tapi juga karena alasan logistik. Salah satu langkah pemerintah China untuk menghadang penyebaran virus telah pula membuat para pabrikan otomotif global kesulitan mengirimkan mobil-mobil serta segala keperluan pameran.

Para eksibitor dari luar tidak diperbolehkan mengapalkan barang ke ‘Negeri Tirai Bambu’. Hal ini diketahui dari dokumen yang didapat dari CIETC Logistics Group.

Sebelum ini, Grand Prix F1 China 2020 yang menurut jadwal semula juga digelar pada April pun harus diundur. Baik Beijing Motor Show maupun Grand Prix F1 China belum memberikan informasi resmi mengenai tanggal pelaksanaan yang baru.

Namun, media-media lokal melaporkan bahwa kemungkinan Grand Prix F1 China akan digelar pada akhir September atau awal Oktober. Bisa jadi, balapan yang berlangsung di Beijing International Circuit itu akan digelar di antara Grand Prix F1 Rusia dan Grand Prix F1 Jepang.

Lebih lanjut, sejak pertama kali digelar pada 1990, Beijing Motor Show telah bertransformasi menjadi salah satu pameran otomotif terpenting di negara itu dan juga bagi pabrikan-pabrikan otomotif dunia. Pameran ini digelar dua tahun sekali dan pada 2018 kemarin merek-merek besar merilis model-model strategis mereka, temasuk Volkswagen, Audi, BMW, Ford, Mercedes-Benz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar