Ruas Tol Jakarta - Cikampek Diperluas, Rest Area KM 50 Ditutup

Berita Otomotif

Ruas Tol Jakarta - Cikampek Diperluas, Rest Area KM 50 Ditutup

BEKASI – Jasa Marga akan merelokasi Tempat Istirahat (TI) KM 50 Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek Jalur arah Cikampek ke TI KM 71 Ruas Jakarta-Cikampek jalur arah Jakarta.

Kebijakan ini dilakukan sesuai dengan perintah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Relokasi TI ini berkaitan dengan penambahan kapasitas lajur Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari KM 48 sampai dengan KM 50 jalur arah Cikampek.

Relokasi TI diharapkan dapat selesai dilakukan sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020. Dalam rangka relokasi tenant-tenant di TI KM 50 ke TI KM 71, maka terhitung tanggal 20 Desember 2020, TI KM 50 resmi ditutup.

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi rencana penutupan TI melalui Variable Message Sign (VMS) dan spanduk sosialisasi di TI KM 50.

rest area
Dalam keterangan resminya, Jasa Marga telah memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan TI dimaksud. Pengguna jalan pun dapat menggunakan TI KM 57 yang terdekat dari TI KM 50.

Meski berfungsi sebagai tempat istirahat yang aman bagi pengguna jalan, rest area bisa menjadi penyebab kemacetan khususnya saat libur panjang. Hal ini karena banyak orang yang beristirahat terlalu lama sehingga antrian kendaraan menjadi mengular. Padahal menurut Sony Susmana, pendiri dari Safety Defensive Consultant Indonesia, beristirahat terlalu lama justru dapat berbahaya.

“Beristirahat khususnya saat berkendara jarak jauh memang harus dilakukan untuk memastikan kondisi badan pengemudi tetap segar. Setiap berkendara 3 sampai 4 jam, maka sebaiknya istirahat selama 30 menit. Jangan lebih dari itu. Kalau lebih dari 30 menit, passion dari mengemudi akan hilang dan pengemudi akan menjadi lebih cepat jenuh,” ungkapnya.

Dalam 30 menit tersebut, pengemudi juga sebaiknya melakukan streching pada tubuh agar peredahan darah tetap lancar. Streching disarankan fokus pada 4 bagian tubuh yaitu leher, tangan, pinggul dan kaki.

“Tapi kalau mau istirahat lebih lama, maka sebaiknya langsung tidur. Sebelum tidur, sebaiknya minum kopi terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar ketika bangun, efek dari kopi bisa langsung terasa pada pengemudi. Ini karena efek kopi memang baru terasa setelah sekitar 1 jam sejak diminum, jadi tidak instan saat itu juga,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar