Rolling Barrier System Telah Dipasang di Sukabumi

Berita Otomotif

Rolling Barrier System Telah Dipasang di Sukabumi

SUKABUMI – Jawa Barat akhirnya resmi menggunakan teknologi Roller BarrierIni adalah teknologi yang mampu menahan beban tabrakan tegak lurus menjadi berputar ke arah samping.

Lokasi pertama yang menggunakan teknologi ini berada di Cikidang Sukabumi di mana lokasi tersebut memang cukup dikenal sebagai daerah rawan kecelakaan.

“Semoga dengan inisiatif ini bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas di kecuraman yang ekstrim dan meningkatkan keselamatan di seluruh jalanan Jawa Barat,” tutur Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat di caption instagramnya.

Teknologi ini merupakan hasil pengembangan ETI (Evolution in Traffic Innovation), sebuah perusahaan di Korea Selatan. Rolling Barriers System tidak hanya akan meredam energi tumbukan namun mengubahnya menjadi energi rotasi dan membuat kendaraan terus berjalan searah pagar pembatas sehingga tidak keluar lajur.

Rolling Barriers System terbuat dari ethylane-vinyl acetate (EVA) dengan kemampuan untuk meredam tumbukan yang klaim sangat baik. Tak hanya itu, EVA pun diklaim memiliki flesibilitas dan sifat yang sangat mirip dengan karet namun bobotnya lebih ringan serta elastis. Keunggulan tersebut menjadikan Rolling Barriers System tidak mudah rusak.

Biaya perawatan pun diklaim cukup murah karena pemerintah cukup memperbaiki posisi pagar bila sudah terjadi tumbukan. Silinder yang ditabrak masih bisa digunakan kembali.

Dengan teknologi ini diharapkan resiko kecelakaan yang terjadi di beberapa ruas jalan khususnya di Jawa Barat dapat berkurang. Apalagi jalan di Cikidang Sukabumi memiliki karakter jalan berliku dan penuh jurang. Tidak sedikit kecelakaan terjadi karena rem blong. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support