Robot Lucu Bernama Dal-E Ini Dibikin Hyundai untuk Layani Konsumen

Berita Otomotif

Robot Lucu Bernama Dal-E Ini Dibikin Hyundai untuk Layani Konsumen

JAKARTA – Hyundai menciptakan robot lucu dan pintar bernama Dal-E yang bisa melayani konsumen ketika datang ke dealer.

Dal-E, menurut laporan Carscoops pada Selasa (26/1/2021), dipamerkan di dealer Hyundai di selatan Seoul baru – baru ini. Robot ini dipersenjatai dengan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) canggih untuk mengenali wajah plus sistem komunikasi berbasis platform penerjemahan bahasa.

Hyundai Motor Group membuat Dal-E sebagai konsep masa depan pelayanan kepada konsumen. Si mungil ini juga dianggap bisa menjadi jalan keluar dalam situasi-situasi serupa pandemi virus Corona (Covid-19), saat kontak fisik antarmanusia kembali harus dibatasi.


Meski mirip dengan tokoh animasi Disney yaitu ‘Wall-E’, nama Dal-E sendiri merupakan sebuah akronim. Kepanjangannya adalah ‘Drive you, Assist You, Link with you-Experience’.

Dimensinya hanya 1.160 x 600 x 600 mm, dengan berat 80 kg, lebih ringkas plus ringan dibandingkan robot-robot sejenis di pasar. Dalam eksebisi di dealer, Dal-E menunjukkan kemampuannya membantu pekerjaan sehari-hari.

Dia diekspektasikan untuk kelak menjadi pendukung operasi layanan konsumen di dealer – dealer yang berada di bawah Hyundai Motor Group.


Agar bisa tampil menggemaskan di hadapan pelanggan, Dal-E dilengkapi dengan beragam gambar emotive pada bagian ‘wajah’. Di antara kemampuan komunikasinya adalah mengingatkan pelanggan untuk memakai masker, menyediakan informasi berguna mengenai produk serta layanan.

Di badannya terdapat layar sentuh untuk keterangan visual bagi konsumen. Berbagai data pada layar ini dapat konsumen telusuri sendiri dengan tangan atau bahkan perintah suara (voice command).


Sang robot mampu pula menghibur para calon pembeli yang datang ke konsumen dengan mengoneksikan dirinya dengan layar besar di dealer, meminta mereka untuk swafoto bersama, dan menggerak-gerakkan tangannya ketika merespons perkataan mereka. Demi mendukung mobilitasnya dalam menunjang operasi plus mengiringi para konsumen, Dal-E juga memiliki ‘kaki’ fleksibel berupa empat roda omnidireksi.

Hyundai Motor Group masih berencana melakukan pengembangan lanjutan untuk Dal-E. Mereka akan terus meningkatkan kemampuan robot mungil dan imut ini berdasarkan data – data yang didapat dari pilot operation (operasi percobaan awal). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar