Rifat Sungkar Tekankan Eco Driving Guna Reduksi Kecelakaan

Berita Otomotif

Rifat Sungkar Tekankan Eco Driving Guna Reduksi Kecelakaan

JAKARTA - Keselamatan adalah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh para pengendara. Berbagai teknik bisa dilakukan agar keselamatan pengendara terjaga, namun pembalap nasional Rifat Sungkar menyarankan para pengendara untuk melakukan teknik Eco Driving.

Pria ramah yang juga merupakan duta safety driving ini menjelaskan bahwa isu Eco Driving kini harus diterapkan. Sebab selain mampu menghindarkan para pengendara dari kecelakaan, Eco Driving memberi efek samping positif lain seperti konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang semakin irit dan emisi gas buang rendah.

Karena itu, Rifat menekankan pentingnya berkendara dengan baik dan benar diajarkan melalui institusi-institusi profesional ke individu maupun perusahaan-perusahaan yang banyak menggunakan kendaraan bermotor dalam kegiatan operasionalnya.

“Akhir-akhir ini, kita banyak mendengar dan menyaksikan kecelakaan lalulintas yang disebabkan oleh human error, atau dari pengemudi. Saya menaruh perhatian yang sangat besar terhadap hal ini. Diperlukan suatu langkah-langkah konkret dari setiap individu ataupun perusahaan untuk lebih peduli terhadap keselamatan berkendara,” kata pendiri Rifat Drive Labs.

“Saya ingin berkontribusi dengan membuat suatu gerakan atau inisiatif mengemudi secara baik dan benar sehingga pengemudi kendaraan, khususnya roda-empat, sadar apa yang harus mereka siapkan dan lakukan sebelum dan selama mengemudikan kendaraannya. Pengemudi yang teredukasi tidak hanya berkontribusi terhadap ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas, namun juga memberikan manfaat terhadap diri mereka sendiri, di antaranya adalah efisiensi BBM,” lanjut Rifat.

Berkendara dengan menggunakan metode Eco Driving merupakan salah satu contoh yang dapat diaplikasikan sehari-hari oleh para pengemudi. Eco Driving merujuk kepada sikap atau usaha dalam berkendara dengan tujuan untuk menghemat energi, mengurangi polusi, memperpanjang umur kendaraan, memaksimalkan fitur-fitur kendaraan, serta mengurangi risiko kecelakaan.

“Eco Driving mengajak Anda sebagai pengemudi melakukan teknik mengemudi yang lebih terkontrol, lebih berhati-hati, santai tanpa emosi, bertanggung jawab, dan tentunya terhindar dari stress,” tambah Nugroho Respati, instruktur mengemudi profesional yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Teknik mengemudi Eco Driving juga dapat menghemat biaya pemeliharaan mobil sekitar 20 persen, tentu saja dengan disertai perawatan dan servis mobil secara teratur dan berkala,” lugas pria yang akrab disapa Yoyok ini.

Disarikan dari berbagai hasil riset, pengemudi yang menggunakan metode Eco Driving terbukti dapat menurunkan konsumsi BBM sekitar 10 hingga 20 persen dibanding pengemudi pada umumnya. Sementara riset ke lebih dari 1.000 pengemudi truk, bus, dan taksi yang telah mengikuti pelatihan Eco Driving, berhasil menghemat bahan bakar kendaraan mereka rata-rata sebesar 24 persen.

“Edukasi yang berkelanjutan mengenai cara berkendara secara baik dan benar diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas, sekaligus membuat kendaraan beroperasi lebih efisien dan ramah lingkungan. Bagi perusahaan-perusahaan yang mengajarkan metode Eco Driving kepada karyawannya, tentu saja berdampak pada penurunan biaya operasional kendaraan, yang berujung pada efisiensi biaya,” jelas Rifat. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual