Ribuan Skuteris Semuti Pantai Carnaval Ancol

Berita Otomotif

Ribuan Skuteris Semuti Pantai Carnaval Ancol

JAKARTA - Ribuan pecinta skuter dari Jakarta dan mancanegara memadati acara Jakarta Mods Mayday 2015 yang dikemas dalam nuansa populer dan dinamis, khas subkultur Mods. Unity Pitstop hadir di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, pada 23 May 2015, untuk merayakan semangat brotherhood ribuan skuteris ini.

Seorang modifikator sepeda motor dan pecinta skuter, Ade Habibie, mengungkapkan bahwa Mods di Indonesia memiliki semangat persaudaraan yang dikenal dengan sebutan ‘brotherhood’.

“Dalam berbagai aktivitasnya, teman-teman Mods selalu menjaga semangat persaudaraan ini. Misalnya, saat melihat teman satu komunitas mereka dalam masalah, mereka tidak akan segan untuk menolong. Inilah yang U Mild sebut sebagai Kode Cowo ‘Selalu Siap Buat Teman’”, ungkap Ade Habibie saat ditemui pada pelaksanaan acara Jakarta Mods Mayday 2015.

Kegiatan Mods Mayday adalah acara tahunan yang digelar oleh komunitas pecinta skuter di seluruh dunia. Ketua penyelenggara Adhitya Murti dari komunitas Warriors Jakarta mengatakan, tema yang diangkat dalam Jakarta Mods Mayday tahun ini adalah ‘We are Mods by History' yang menjadi wadah dalam mengekspresikan identitas dan eksistensi Mods di Jakarta.

Mod adalah sebuah subkultur yang lahir dari kalangan kelas pekerja Inggris pada awal tahun 60an. Elemen penting dari subkultur Mod adalah fashion, musik (Soul, RnB, Jazz) dan Skuter (Lambretta & Vespa). Subkultur Mod dapat bertahan hingga saat ini karena ketiga eleman tersebut (fashion, musik dan skuter) yang tidak lekang oleh waktu.

Sama seperti semangat para Mods, cowko aktif dengan hobi yang sama biasanya akan berkumpul dan membentuk komunitas. Namun, naluri mereka akan membuat komunitas tidak hanya sebatas kesamaan hobi, tetapi juga menjadi wadah untuk melakukan kegiatan positif.

Di dunia yang penuh aturan dan dijalani semua orang, terdapat peraturan yang tidak tertulis namun tetap menjadi panutan. Hal ini hanya dimengerti oleh cowo, karena cowo punya cara main sendiri. “Uniknya, peraturan ini telah menjadi bahasa universal yang dapat dipahami oleh semua cowo meski mereka tidak saling mengenal," jelas Ade Habibie.

Menyadari hal tersebut hadirlah “Kode Cowo” untuk meningkatkan solidaritas dan hubungan anggota komunitas agar menjadi semakin erat. Di antaranya adalah ‘Cowo Wajib Punya Mainan’, ‘Pintar Bagi Waktu’, ‘Jabat Tangan lebih dari Tanda Tangan’, ‘Jalan Jangan Lupa Pengaman’ dan ‘Selalu Siap buat Teman’.

Selain kegiatan offline seperti Unity Pitstop, tersedia juga wadah komunikasi antarkomunitas dan anggotanya dalam versi forum online yang bertajuk Saudara Satu Aspal, yakni www.unity-team.com. Forum ini berisi informasi terkini seputar dunia bikers, ask the expert di mana anggota komunitas bisa bertanya dan mewawancarai langsung expert dalam dunia bikers, group recommendations yang berisi komunitas-komunitas yang sudah menjadi bagian dalam unity-team.com. [Idr]

 



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support