Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Review Lengkap New Honda CR-V 2016

Review

Review Lengkap New Honda CR-V 2016

BANDUNG - Tahun 2015 belum lagi genap satu bulan tapi Honda sudah membuat gebrakan. Ya, New Honda CR-V 2016 telah datang untuk membuka kesemarakan tahun Kambing Kayu.

Honda mengklaim inilah SUV premium yang memadukan berbagai kekuatan mulai dari desain tegas dan kekuatan besar serta kabin nyaman dan limpahan fitur keselamatan terkini.

Untuk membuktikan itu semua, kami pun mengetes New Honda CR-V. Tipe teratas, Prestige, dipilih.

Bagaimana kemampuan mobil ini? Mari kita bahas bersama.

Desain Eksterior Makin Oke
Sebelum membesut mobil ini, mari kita pandangi dulu tubuh aduhai New Honda CR-V. Tak bisa dipungkiri, tampilan New Honda CR-V memang semakin gagah dengan berbagai penambahan elemen yang melulu ditujukan untuk menambah karakter tegas pada eksterior.

Lihat saja bagian depan mobil Jepang ini dengan desain Solid Wing Face yang menggabungkan lampu dan grille menjadi satu kesatuan desain untuk menumbuhkan kesan dinamis ketika dipandang. Di bagian depan pula kini ada LED Daytime Running Light yang langsung menyala ketika mesin dihidupkan. Sedangkan untuk lampu utama HID Projector Headlight yang mampu memberikan pencahayaan maksimal, terutama ketika berkendara di kegelapan malam.

Melengkapi bagian depan, ada Fog Lamp dengan desain baru untuk memberikan sinar lebih yang bisa membantu penerangan ketika kondisi berkabut.  Desain bumper juga tampil lebih fresh.

Sementara di bagian belakang ada desain lampu kombinasi yang diperbaharui bersama aksen krom di New License Garnish yang melintang di buritan. Di bagian belakang-atas terpasang Tailgate Spoiler with LED High Mount Stop Lamp yang memberi tampilan gaya dan sporty.

Interior Mewah dan Lapang
Tak mau berlama-lama di luar, kami pun masuk ke kabin. Tak perlu kunci konvensional karena mobil ini dilengkapi dengan Smart Entry System. Sampai di dalam kabin, kenyamanan langsung tersemburat. Jok mobil terasa nyaman dan mudah disesuaikan dengan keinginan.

Di kabin ada centetr console baru yang memberi kemudahan untuk menyimpan atau mengambil barang-barang Anda di tengah. Melirik ke depan, akan tampak Modern Meter Cluster. Panel indikator New Honda CR-V kini tampil dengan warna menawan dengan garnish dan tampilan modern. Cukup mudah dibaca.

Melirik ke dashboard, jubu tekag ada sentuhan tekstur kayu yang memberi kesan elegan dan mewah.

Semua kemudian bermuara ke Intelligent-Multi Information Display (I-MID) yang memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan mulai dari konsumsi BBM hingga GPS dan rear parking camera. Sebagai penyempurnaan, layar sentuh 7 inchi bisa memberi Anda berbagai hiburan.

Mesin Responsif
Tombol Start-Stop pun kami tekan dan mesin 2.4 DOHC i-VTC menderu lembut. Transmisi dipindahkan ke 'D' dan mobil tertarik ke depan. Impresi pertama ini sungguh menyenangkan.

Kenapa? Karena mesin tampak memberi respon sangat bagus. Tidak ada lagi kata 'lemot' seperti yang biasa terjadi di mobil-mobil bertransmisi otomatis. Perjalanan Jakarta ke Bandung pun dimulai, dan jalan tol Cipularang seolah menggoda kami untuk memacu mobil ini.

Jalanan lenggang dan New Honda CR-V mampu memberi kesenangan. Tidak ada kata kehabisan nafas untuk mobil ini. Perpindahan gigi terasa smooth yang membuat kami tak sadar kalau ternyata sudah mencapai kecepatan 120 km/jam. Hal itu tidak mengherankan karena model ini memang memiliki tenaga cukup besar, 190 PS dengan torsi 222 Nm.

By the way, jantung mekanis ini masih sama dengan sebelumnya.

Alasan keselamatan karena berkendara di jalan umum akhirnya menjadi batasan. Padahal, New Honda CR-V masih punya banyak nafas untuk digeber lebih kencang lagi.

Kenikmatan berkendara makin menyenangkan karena model ini sudah menggunakan Paddle Shift yang membuat Anda bisa mengatur perpindahan transmisi hanya dengan menggunakan ujung jari.

Tapi bila ingin sejenak bersantai, gunakan saja Cruise Control yang memungkinkan kita untuk mengendalikan mobil dengan kecepatan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Caranya mudah. Tinggal menekan tombol Cruise Control di roda kemudi. Anda juga bisa menambah atau mengurangi kecepatan karena di roda kemudi pula ada tombol akselerasi (+) dan deselerasi (-).

Semakin menyenangkan lagi karena kita bisa mengatur audio melalui tombol di kemudi. Jadi memilih saluran radio atau lagu kesayangan bisa dilakukan tanpa perlu mengurangi konsentrasi mengemudi.

Stabilitas
Mobil kemudian kami arahkan ke Tangkuban Perahu. Lalu tantangan lain muncul. Tak lain dan tak bukan adalah hujan deras di tengah lintasan berkelok dan licin. Tapi ternyata, ketakutan kami akan ketidak-stabilan mobil SUV tidak terbukti. 

New Honda CR-V mampu menyuguhkan kenyamanan dan kestabilan ala sedan. Jalur berkelok bisa dilaluinya dengan mudah tanpa gejala limbung berarti. Keunggulan lain mobil ini ada pada sistem Grade Logic Control yang mampu membuat New Honda CR-V pintar mengatur perpindahan transmisi berdasarkan kondisi jalan baik ketika tanjakan atau turunan.

Visibilitas mobil ini juga mampu memberikan pandangan luas ketika berkendara. 

Fitur Safety yang Berlimpah
Semua kelebihan tadi masih belum cukup untuk CR-V. Karena itu, Honda menganugerahi mobil ini dengan segudang fitur keselamatan yang pada akhirnya membuat New Honda CR-V meraih rating 5-bintang5 dari ASEAN NCAP.

Fitur keselamatan yang dimiliki New CR-V dimulai dari struktur rangka tubuh dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + ACETM hingga 6 Airbags (Dual Front SRS Airbag + New Side Airbags + New Side Curtain Airbags) untuk perlindungan meyeluruh hingga baris kedua (sebelumnya hanya tersedia dua airbag depan).

Tidak berhenti sampai di sana, model ini juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan dengan Pretensioner & Load Limiter untuk menjaga posisi badan saat terjadi pengereman mendadak, Neck Shock Mitigation Seat berfungsi mengurangi cedera pada leher, serta Whiplash Mitigation Seat mengurangi efek benturan pada punggung.

Di sisi lain, New CR-V juga dilengkapi dengan ISO-FIX + Tether untuk memasang car seat anak-anak dengan aman.

New Honda CR-V dipersenjatai dengan Motion Adaptive EPS  & Vehicle Stability Assist (VSA) yang berfungsi untuk membantu pengemudi mengontrol kendaraan dan mendeteksi terjadinya gejala oversteer atau understeer saat berjalan di tikungan atau permukaan jalan licin.

Sistem pengereman New CR-V mengandalkan rem cakram depan/belakang dan  Anti-lock Braking System (ABS) plus Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan New Brake Override System.

"Brake Override System baru ini pada prinsipnya membantu pengemudi ketika terjadi pengereman mendadak. Ketika rem mendadak, sering kali pengendara menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan, ini tentu tidak berbahaya. Dengan fitur Brake Override System ini sistem akan lebih memprioritaskan rem," jelas Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis FandyMarketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Selain fitur-fitur tadi, New Honda CR-V Hill Start Assist (HSA) yang membantu pengemudi saat berhenti di tanjakan dengan mencegah mobil mundur sesaat ketika akan melaju kembali. Ada lagi Emergency Stop Signal (ESS), ketika Anda mengerem mendadak maka lampu sein akan berkedip-kedip untuk memberikan peringatan kepada pengemudi mobil belakang.

Sementara untuk mencegah pencurian kendaraan, New CR-V dilindungi oleh fitur keamanan Immobilizer Anti-Theft System & Security Alarm. Sementara Rear Camera meningkatkan keselamatan dan kemudahan terutama pada saat parkir

New CR-V juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki pada saat terjadi tabrakan.

Kesimpulan
Bagi Anda yang tengah mencari sebuah medium SUV lengkap, Honda CR-V pantas dilirik. Dengan dana antara Rp 400 - 500 juta Anda bisa mendapatkan sebuah SUV dengan desain modern dan maskulin yang sudah pula dianugerahi segudang fitur infotaiment dan safety.

Jaringan luas layanan purnajual Honda juga menjadi pemikiran untuk memboyong model yang dijual mulai dari Rp 395 juta sampai Rp 477,5 juta ini ke garasi.

Poin Plus
- Desain
- Fitur Safety
- Fitur Infotaiment
- Performa dan stabilitas

Poin Minus
- Harga 

[Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang